DOSEN IAN FIS BAHAS KEGIATAN AKADEMIK DI UUM DAN UITM MALAYSIA

9
Jan
2019

Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri dari Lena Satlita, M.Si; Sugi Rahayu, M.Si; Utami Dewi, MPP dan Fransisca Winarni, M.Si. bahas kegiatan akademik di College of Law, Government and International Studies, University Utara Malaysia (UUM) pada hari Senin (10/12/2018). Dalam pertemuan tersebut, dosen IAN FIS UNY berkesempatan untuk berdiskusi dengan Dr. Ahmad Zubir Ibrahim (Deputy Dean), Dr. Solahuddin Ismail (Department Head of Planning & Property Development), Dr. Nor Azizah Zainal Abidin (Postgraduate Program Coordinator) dan beberapa Jajaran pimpinan COLGIS UUM.

Lena Satlita M.Si. yang juga merupakan Wakil Dekan II FIS UNY mengatakan bahwa beberapa mata kuliah di COLGIS UUM memiliki kemiripan dengan mata kuliah di Jurusan IAN FIS UNY sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan kegiatan bersama misalnya seperti joint curriculum dan visiting professor. “Jika kegiatan antara kedua universitas sudah intens maka kedepannya dapat dilakukan penandatanganan MoU” ungkap Lena.

Sementara itu, Dr. Solahuddin Ismail menyambut baik kegiatan pertemuan tersebut. Beberapa kegiatan akademik yang melibatkan kedua universitas dapat dilaksanakan mulai awal tahun 2019 misalnya visiting profesor atau joint publication. “Dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat menjadi acuan untuk pembuatan  MoU” jelasnya

“Pertemuan dengan jajaran pimpinan UUM tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan. Pertama, UUM dan FIS UNY akan menngadakan joint conference untuk mahasiswa dengan tujuan agar memberikan pengalaman dan memperluas wawasan mahasiswa kedua universitas. Kedua, dosen kedua universitas akan melakukan kerjasama publikasi dalam Journal of Government and Management UUM dan Jurnal Natapraja IAN FIS. Ketiga, Kedua universitas akan kerjasama penerbitan buku bersama antara dosen FIS dengan COLGIS” jelas Utami Dewi yang juga merupakan Kepala Unit Urusan Internasioanal dan Kerjasama FIS UNY.

Selain ke UUM, rombongan dosen IAN FIS tersebut juga mengadakan pertemuan dengan jajaran pimpinan di UiTM (Universiti Teknologi Mara) yang terletak di Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia pada hari Rabu (12/12/2018). Beberapa kegiatan kerjasama yang akan dilakukan antara Faculty of Administrative Science and Policy Studies dan  FIS UNY berupa staff mobility dan student mobility.”Hasil pertemuan dengan UUM dan UiTM ini akan segera ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan akademik yang diawali pada tahun 2019” jelas Lena. (Eko)

 

submitted by humas