DOSEN MUDA UNY IKUTI BIMTEK PEKERTI

7
Sep
2017

Rekor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., membuka Bimtek Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Angkatan II bagi Dosen Tahun 2017, Senin (4/9) di Gedung Lantai 2, LPPMP UNY.

Rektor UNY mengatakan bahwa kegiatan ini untuk membekali dosen muda dengan empat kompetensi, yakni  pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. “Untuk masalah intergritas, perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Bangsa kita ini sedang mengalami krisis integritas. Sehingga, kita yang ada di perguruan tinggi jangan sampai menjadi pelopor degradasi integritas. Kita juga harus mampu meningkatkan kompetensi sosial kita dalam berinteraksi dengan mahasiswa dan masyarakat,” tambah Sutrisna.

Materi yang diskusikan di Bimtek PEKERTI ini sebagian besar berkaitan dengan pedagogik, seperti praktek mengajar, menyiapkan bahan, menyiapkan silabus, hingga metode pengajaran. Sehingga, kemampuan profesional akan semakin terlatih.  Bimtek PEKERTI merupakan program dasar sebelum melanjutkan ke  program Applied Approach (AA).

Ditambahkan Sutrisna,  dosen memiliki tugas untuk  mengamalkan Tridharma, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Jadi, selain mengajar, dosen juga memiliki tugas utama untuk mengembangkan keilmuan dan mengabdikannya ke masyarakat,” jelasnya. 

Dalam laporannya, Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd, selaku Kepala P2KIS (Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional dan Sumber Belajar) LPPMP UNY, mengatakan bahwa Bimtek PEKERTI Angkatan II bagi Dosen UNY ini berlangsung tanggal 4-11 September 2017 dan diikuti oleh 35 dosen UNY.  (Arif Budiman)

Tags: 
submitted by humas