EMPAT PRODI FT UNY RAIH AKREDITASI ASIIN

1
min read
A- A+
read

Akreditasi ASIIN

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) kembali menunjukan mutu bidang pendidikan yang sudah memenuhi standar global dengan 4 program studi yang terdiri dari 1 prodi jenjang sarjana dan 3 prodi jenjang magister terakreditasi ASIIN. Keempat prodi tersebut adalah S1-Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, S2- Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, S2- Pendidikan Teknik Elektro, S2- Pendidikan Teknik Mesin. “Alhamdulillah. Kerja keras seluruh tim dalam melakukan penjaminan mutu proses pembelajaran pada prodi-prodi tersebut membuahkan hasil yang sangat membanggakan, terakreditasi ASIIN untuk 2021-2027,” ungkap Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D belum lama ini. 

Prestasi yang diraih dari empat prodi tidak terlepas dari persiapan serta pengalaman UNY sejak 2016 dalam mempersiapkan prodi untuk mengikuti akreditasi internasional. Lebih lanjut, Herman menambahkan bahwa prodi yang diikutsertakan dalam akreditasi internasional disesuaikan dengan rekam jejak seperti perolehan peringkat akreditasi oleh BAN-PT, kinerja prodi dalam menghasilkan lulusan berkualitas serta ketersediaan SDM yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan beberapa indikator pendukung lainnya.

“Capaian ini merupakan buah kerja sama yang baik dan sinergis antara tim universitas, fakultas dan prodi dalam mempersiapkan dokumen akreditasi dalam bentuk Self-Assessment Report (SAR), dengan begitu sharing knowledge antar anggota tim dapat berjalan efektif dan efisien,” beber Dekan FT UNY.

“Pada tahap awal persiapan, dilakukan FGD untuk menyamakan persepsi terhadap panduan penyusunan SAR. Dengan demikian komitmen para anggota tim menjadi penting dan strategis dalam penyusunan dokumen secara disiplin dan tepat waktu,” jelas Herman.

Selama pelaksanaan visitasi yang berlangsung secara daring pada bukan Juli lalu, Herman menambahkan tidak ada hambatan yang berarti. Kendala minor terjadi pada koneksi jaringan dan perbedaan waktu dari Yogyakarta dan tim assessor dari Jerman dan Swiss. Namun demikian, semua proses tersebut terlewati dengan baik dan membuahkan hasil yang menjadi harapan Bersama dan sejalan dengan upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu.

ASIIN atau kepanjangan dari Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian yang berbasis luaran atau Outcome Based Accreditation. (hryo)