FIP SELENGGARAKAN SEMINAR PROPOSAL 30 PENELITIAN MAHASISWA

1
min read
A- A+
read

Sebanyak 30 proposal penelitian mahasiswa yang lolos didanai GPMF (Grand Penelitian Mahasiswa Fakultas) dipresentasikan di Abdullah Sigit Hall, FIP. Seminar proposal penelitian ini diselenggarakan Kemahasiswaan FIP bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Reality, Jum’at (15/03).

Wakil Dekan III FIP, Dr. Sujarwo, M.Pd. menyampaikan bahwa seminar proposal beserta pengadaan penelitian bertujuan agar mahasiswa berlatih berpikir kritis secara ilmiah dan akademik. “Harapannya agar mahasiswa memiliki rasa ingin tahu, analitis, sekaligus kreatif,” ujar Sujarwo ketika dihubungi melalui pesan daring WhatsApp.

Wakil Ketua UKM Reality, Ayuningtyas Dian Pratiwi menyatakan bahwa seminar proposal GPMF ini merupakan ajang untuk melatih argumentasi mahasiswa setelah melalui tahapan seleksi berkas dan administrasi yang dilakukan secara daring dan luring. Adapun kegiatan GPMF diselenggarakan untuk mewadahi minat mahasiswa di bidang penalaran, serta menghasilkan ide-ide baru di bidang penelitian.

“Di sini mahasiswa yang lolos proposal penelitiannya harus mempertahankan argumennya, kenapa mengangkat masalah ini, kenapa penelitiannya layak didanai fakultas,” ujar Dian.

Setelah penguji memberi masukan kepada masing-masing presenter, rencananya 30 proposal penelitian yang sudah direvisi akan didanai oleh Kemahasiswaan FIP sebanyak Rp 1.500.000,00. Pendanaan penelitian dijadwalkan pada 18 Maret 2019.

Dewi Masyitoh, salah seorang mahasiswa yang lolos proposal penelitiannya menyatakan bahwa rangkaian GPMF merupakan kesempatan emas untuk berlatih melakukan kajian akademik. “Banyak hal yang bisa dikembangkan, baik itu kajian penelitian pendidikan atau minat penelitian saya sendiri,” ujar Dewi.

Seminar proposal GPMF ini berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 dan diuji oleh Dr. Pujiriyanto, M.Pd, Agung Hastomo, M.Pd, dan Banu Setyo Adi, M.Pd. (Muhammad Abdul Hadi/JK)