FIS UNY DAN FSSK UKM MALAYSIA BAHAS PELUANG KERJASAMA

27
Nov
2018

Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan (FSSK), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) kunjungi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Rabu (21/11/2018). Rombongan dari UKM yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kepala Pusat tersebut diterima di Ruang Lafran Pane FIS UNY oleh Dekan, Wakil Dekan, Senat, Kajur/Kaprodi, Kepala Unit, Kabag/Kasubag dan dosen di lingkungan FIS UNY. Dekan FIS, Prof Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag dalam presentasinya memaparkan tentang profil FIS UNY. “Dalam visi FIS UNY disebutkan bahwa Pada tahun 2025, FIS UNY menjadi Fakultas yang unggul di Asia Tenggara dalam menghasilkan paradigma alternatif ilmu-ilmu sosial Keindonesiaan, ilmuwan sosial, dan pendidik yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Untuk mencapai visi tersebut, berbagai penelitian FIS,  kegiatan seminar dan diskusi ilmiah diarahkan pada topik-topik Keindonesiaan.” jelas Ajat.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FSSK UKM Prof. Dr. M. Mohd Fuad Mad Jali menawarkan berbagai peluang kerjasama antara FIS dan FSSK UKM salah satunya adalah kerjasama publikasi artikel ke dalam jurnal terindeks scopus. “UKM memiliki beberapa jurnal yang sudah terindeks scopus antara lain Jurnal Komunikasi (The Malaysian Jurnal of Communication), Akademika, JEBAT (Malaysian Journal of History, Politics and Strategic Studies), 3L (Language, Linguistics, and Literature), Gema Online (Juounal of Language Studies). “Jika para dosen di FIS memiliki paper yang bagus, maka kami dapat fasilitasi untuk membuat special issue pada jurnal tersebut” ungkapnya.

M. Mohd Fuad Mad Jali menambahkan, kerjasama FIS dengan FSSK juga dapat berupa short course. Ia mencontohkan penyelenggaraan short course tentang “Kebijakan Publik di Indonesia dan Malaysia” selama 5 minggu. Untuk minggu pertama para peserta mendapatkan pemaparan materi di FIS UNY, minggu kedua peserta melakukan observasi di Indonesia, selanjutnya minggu ketiga para peserta mendapatkan materi di UKM Malaysia, pada minggu keempat mereka melakukan observasi di Malaysia dan minggu terakhir para peserta memaparkan hasil observasi. “Hasil dari short course tersebut yaitu  artikel yang dipublikasikan ke jurnal terindeks scopus.” bebernya.

Sementara itu, Prof. Dr. Norhamidi Bin Muhamad menjelaskan tentang skema kerjasama 2 + 2 Degree Program yaitu program kerjasama FIS dan FSSK untuk menyelenggarakan double degree strata 1 yang berlangsung selama 4 tahun,  dengan rincian 2 tahun kuliah di FIS UNY dan 2 tahun di FSSK UKM. Dalam skema ini, para lulusan akan memperoleh 2 ijazah yaitu ijazah dari UNY  dan UKM. Adapun biaya kuliah 2 tahun pertama dibayarkan di UNY dan 2 tahun sesudahnya dibayarkan di UKM. “Skema ini bisa direalisasikan karena kedua fakultas mimiliki beberapa prodi yang sama seperti Geography, Media Communication, Political Sciences. “UKM juga sudah menjalankan skema ini dengan universitas yang ada di Indoensia seperti UNRI dan UNDIP” imbuh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan UKM tersebut.

Peluang kerjasama lainnya juga ditawarkan oleh Prof. Madya Dr. Mohd Nor Shahizah Ali yang menjabat sebagai Kepala Pusat Komunikasi dan Masyarakat Digital FSSK UKM. Ia menjelaskan bahwa setiap 2 tahun UKM menyelenggarakan International Conference tentang Media and Communication (MENTION). Untuk itu, kami mengundang para dosen FIS untuk berkontribusi mengirimkan paper. “Paper tersebut nantinya akan di publish di jurnal komunikasi UKM yang sudah terindeks scopus” paparnya.

Dekan FIS menyambut baik beberapa tawaran kerjasama dari FSSK UKM Malaysia tersebut dan akan menindaklanjutinya dalam waktu dekat” Kami sangat berterimakasih atas tawaran kerjasama yang baik ini, dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi untuk menindaklanjutinya” tutup Ajat. (Eko)

submitted by humas