FT UNY PRAKTIK INDUSTRI KE MALAYSIA

11
Sep
2017

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) terus berupaya meningkatkan wawasan internasional dalam rangka memperkuat daya saing bangsa di kancah internasional. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan program magang internasional mahasiswa. Sebagai bentuk komitmen ini, FT UNY telah memberangkatkan enam mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Mekatronika untuk praktik di perusahan-perusahan Malaysian selama 2 bulan,  dari 22 Juli sampai dengan 4 September 2017.

Dr. phil Nurhening Yuniarti, M.T. selaku pembimbing menuturkan bahwa pada periode ini, industri yang dijadikan mitra dalam pelaksanaan praktik industry di luar negeri adalah SSBA SDN. BHD. dan EKOVEST CONSTRUCTION SDN. BHD. “Masing-masing industry bergerak dalam bidang yang berbeda. SSBA SDN. BHD bergerak di bidang air conditioner dan refrigerator, sedangkan EKOVEST CONSTRUCTION SDN. BHD berorientasi pada konstruksi,” jelasnya.

Nurhening menambahkan bahwa program ini adalah buah kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan Fakulti Pendidikan Teknologi dan Vokasional (FPTV) UTHM Malaysia. Pelaksanaan praktik industri ini juga bagian dari riset kolaborasi antara FT UNY dan FPTV UTHM.

“Tujuan praktik industri luar negeri adalah menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan   pengalaman   langsung   industri yang ada di luar negeri. Selain itu mahasiswa juga bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan kerja dan budaya setempat,” tambahnya.

“Menjalani program magang di luar negeri memang susah-susah gampang kareana mahasiswa dihadapkan pada budaya dan orang-orang baru, yang memaksa mereka beradaptasi dengan cepat agar segera masuk dalam proses pekerjaan. Tak hanya itu, mahasiswa juga diharuskan beradaptasi pada sistematika belajar baru, agar ketika kembali ke tanah air ilmu yang diperoleh dapat tetap bermanfaat,” lanjut Nurhening.

Hal ini diamini oleh Dekan FT UNY, Dr. Widarto saat memberikan sambutan dalam seremoni Penutupan Program Internasional di UTHM (06/09). “Pengalaman magang internasional memberikan pengalaman yang tak ternilai. Magang saja mungkin sudah biasa. Namun dengan magang di luar Indonesia, bukan hanya pengalaman kerja saja yang akan diperleh, melainkan kemampuan adaptasi, kemampuan bahasa Inggris yang meningkat, kemampuan untuk hidup dalam kultur yang berbeda-beda, lebih open-minded, dan pemikiran mahasiswa menjadi lebih global,” ujar Widarto.

“Dari berbagai evaluasi yang dilakukan, saya berharap program ini akan berjalan lebih baik kedepannya dan diusahakan agar ada sesi desiminasi sehingga pengalaman dan ilmu yang didapat dapat dibagi ke rekan-rekan yang lain,” tutup Dekan FT UNY. (hryo)

 

submitted by humas