FT UNY SAMBUT JAWARA TIM ROBOTIKA DAN TIM MOBIL

1
min read
A- A+
read
FT UNY SAMBUT JAWARA TIM ROBOTIKA DAN TIM MOBIL

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyambut kehadiran tim UKM Rekayasa Teknologi divisi Robotika dan Mobil Garuda UNY di Aula KPLT FT UNY (07/05-2019) setelah kedua tim ini berjuang dan berjibaku dalam ketatnya kompetisi. Kedua tim ini meraih prestasi mebanggakan di masing-masing ajang yang diikutinya, yakni Tim Garuda UNY meraih Juara II Kategori Urban Concept dan memecahkan rekor Asia dan Dunia dalam hal jarak tempuh di Shell Eco-marathon Asia 2019 di Sepang, Malaysia sedangkan tim Robotika UNY menjadi Juara Umum pada Kontes Robot Indonesia 2019 Regional 3  di Purwokerto. Penyambutan ini dihadiri anggota tim mobil dan robotika serta jajaran pimpinan FT UNY, Ketua Jurusan, Dosen Pembimbing dan Dekan FBS.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Ir. Widarto, M.Pd., dalam  sambutannya memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras yang diberikan sehingga dapat mengharumkan nama kampus. Ia juga berpesan agar seluruh tim terus menyiapkan diri karena tantangan dan persaingan di depan akan semakin rumit.

“Selain itu, berbagai capaian maupun hal-hal yang belum berhasil dalam lomba sebelumnya segera dilakukan evaluasi dan dijadikan bahan unutk perbaikan,” lanjutnya.

Sementara itu, Pembimbing Tim Robotika UNY, Herlambang Sigit Purnomo, M.Cs. melaporkan bahwa timnya dinyatakan sebagai  Juara Umum pada Kontes Robot Indonesia 2019 Regional 3 yang diikuti perguruan tinggi dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan. Tim ini mendapat raihan penghargaan terbanyak antara lain Juara 1 dan Desain Terbaik divisi KRAI dengan nama tim MAESTRO_EVO, Juara 1 divisi KRSTI dengan nama tim ROSEMERY, Juara 1 divisi KRPAI Berkaki dengan nama tim GARENGPUNK,Juara 2 KRSBI Beroda dengan dama tim MOBO-EVO, dan Juara 2 KRSBI Humanoid dengan nama tim AL-AADIYAT di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Dengan prestasi tersebut, tim Robotika UNY juga akan menjadi wakil Regional 3 untuk Kontes Robot Indonesia tingkat nasional bulan Juni nanti.

Di kesempatan yang sama, Sutiman, MT, pembimbing tim Garuda UNY menjelaskan bahwa kontingennya tancap gas mencapai rekor Asia dan dunia dengan jarak tempuh 382,9 km/liter di ajang kompetisi Drivers' World Championship Qualifier Regional Asia; perlombaan Urban Concept terbaik Shell Eco-marathon Asia 2019 di Sepang, Malaysia. Garuda UNY juga berhasil race di posisi ke-4 untuk lolos kualifikasi setelah Nanyang University, ITS Team 5, dan Is-ht Vietnam. “Kami juga sukses merebut Juara Kedua Kategori Urban Concept Kelas Internal Combustion Engine,” tutupnya. (hryo)