GELAR 5 KONFERENSI INTERNASIONAL, FT UNY SIAP GANDENG KAMPUS LAIN SEBAGAI CO-HOST

1
min read
A- A+
read

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta tahun ini akan menyelenggarakan lima konferensi internasional dimana artikel-artikel ilmiah dari para peneliti akan dipublish dalam bentuk jurnal dan prosiding seminar terindeks Scopus. Demi mendukung kesuksesan kelima konferensi tersebut, FT UNY akan menggandeng kampus-kampus lain, baik dalam maupun luar negeri, sebagai Co-host.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Ir. Widarto, M.Pd., menjelaskan bahwa sebagai co-host mereka tentu akan memberikan kontribusi artikel pada konferensi yang sesuai dengan bidang keahlian kampus tersebut. “Namun tentunya setelah melewati proses review,” kata Widarto.

“Selain itu, co-host juga akan terlibat sebagai reviewer dan editor untuk artikel-artikel yang masuk,” terang Widarto.

“Saat acara, kami juga akan melibatkan dosen-dosen dari kampus co-host untuk menjadi moderator pada kegiatan paralel session,” imbuhnya.

“Selain itu, tentu saja logo universitas co-host, akan dimunculkan di website, seminar kit, serta produk-produk promosi lainnya,” beber Widarto.

Widarto menambahkan bahwa fasilitas lain untuk co-host adalah mendapat fasilitas coaching clinic penulisan artikel ilmiah.  “Jadi, para pemakalah mereka akan mendapatkan coaching dari tim editor yang telah memiliki artikel terindeks scopus sehingga harapannya paper yang masuk akan memenuhi kriteria tim editor sehingga dapat di publish di jurnal terindeks scopus,” ungap Widarto.

“Tahun lalu kami juga menjalankan skema yang sama dimana Univeritas Amikom, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, serta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menjadi Co-host dalam tiga dari empat konferensi internasional yang kami selenggarakan,” ujar Widarto.

Tahun 2019 ini, kelima seminar yang akan diselanggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta adalah 3th international conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT) dengan pada 14-15 September 2019, 2nd International Conference on Sustainable  Infrastructure (ICSI) pada Oktober 2019, 2nd International Conference On Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology (ICoVEMAT) 2019 pada 12 October 2019, 2nd International Conference on Electrical, Electronics, Informatics, and Vocational Education (Ice-Elinvo) pada 14 September 2019, serta International Conference on Home Economic and Creative Industry ( ICoHECI) pada  05 Oktober 2019. (hryo)