IKLIM AKADEMIK DALAM BAHASA INGGRIS

14
Feb
2020

Kelas unggulan di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY dalam pembelajarannya menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Salah satu upaya menuju prodi berkelas dunia adalah kami sering mendatangkan dosen luar negeri untuk mengajar di sini. Hal ini adalah untuk membiasakan iklim akademik dalam bahasa Inggris di FMIPA.

UNY juga punya kredit transfer ke beberapa universitas mitra di luar negeri, bahkan pernah ada yang ke Jepang. Sedangkan untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kita sudah sering mengirim mahasiswa untuk mengajar di luar negeri. Untuk tahun 2019 lalu dari jurdik Matematika ada yang PPL di Filipina 2 orang dan di Thailand 1 orang.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dr. Ariadi Wijaya saat menerima kunjungan 60 mahasiswa dari Jurdik Matematika Universitas Wiralodra Indramayu, Kamis, 13/2/20 di fakultas setempat.

Lebih lanjut dikatakan, kami juga mengundang alumni yang kuliah diluar negeri untuk sharing dengan para mahasiswa untuk memotivasi mahasiswa kuliah di luar negeri.

“sekarang sudah saatnya bagi anda untuk memperkuat kemampuan Bahasa Inggris. Banyak lowongan kerja ditempati oleh orang dari bidang lain karena orang yang punya kompetensi di pekerjaan tersebut kurang kemampuannya berbahasa Inggris,” katanya.

Sementara itu, Farid Gunadi, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra mengharapkan mahasiswanya menjadi termotivasi untuk belajar dengan kunjungan ini, karena telah melihat fasilitas lab di UNY yang lengkap.

Farid menjelaskan, anak Indramayu lebih senang kuliah di luar Indramayu. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami sebagai universitas swasta, apalagi banyak indramayu yang lebih merasa senang memilih prodi lainnya daripada Pendidikan Matematika.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa mengunjungi lab micro teaching, lab komputer, dan perpustakaan FMIPA UNY. (witono)

submitted by humas