ILUSTRASIKAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW MELALUI VIDEO

1
min read
A- A+
read

Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru salah satunya adalah metode Jigsaw akan tetapi tidak semua metode tersebut mudah diterapkan. Untuk mempermudah memahami penerapan metode pembelajaran Jigsaw, mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2016 yang terdiri dari Inez Wahyu Murti, Sandi Kurnia Hakiim, Sugita Ayu Armadani, Fajar Agusta Dwikatama dan Lisya Arini. membuat video pembelajaran IPS untuk mengilustrasikan cara penerapan metode Jigsaw. Video ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir matakuliah Strategi Pembelajaran IPS.

Inez Wahyu Murti menjelaskan, Jigsaw merupakan pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa secara heterogen, dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggungjawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari, serta menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain.

“Penggunaaan metode pembelajaran jigsaw akan mengembangkan kemampuan siswa mengungkapkan ide atau gagasan dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan metode jigsaw juga dapat meningkatkan kemampuan sosial dan meningkatkan rasa percaya diri karena siswa dituntut lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat. Selain itu, siswa juga akan lebih memahami materi yang diberikan karena dipelajari lebih dalam dan sederhana dengan anggota kelompoknya, serta mampu mengajarkan materi tersebut kepada teman kelompoknya”

Lebih lanjut Inez Wahyu Murti membeberkan langkah penerapan metode Jigsaw yang ditampilkan dalam video pembelajaran yang mereka kembangkan. Langkah pertama adalah membentuk kelompok home (awal). Dalam kelompok home (awal) siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang beranggotakan 5 orang. Selanjutnya, siswa diberi bahan ajar/kartu tugas yang berbeda-beda. Langkah kedua yaitu siswa membentuk kelompok expert (ahli). Dalam kelompok expert (ahli) ini, siswa diberi tugas agar belajar bersama untuk menjadi ahli sesuai dengan kartu tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Langkah berikutnya, siswa kembali ke kelompok home (awal) dan masing-masing siswa akan menyampaikan hasil pencarian informasi dari dari kelompok expert (ahli). Selanjutnya, secara keseluruhan masing-masing kelompok melaporkan hasilnya dan guru memberi klarifikasi kemudian salah seorang siswa diminta untuk memberi refleksi terhadap materi yang dipelajari.(Eko)