INIASI KERJA SAMA UNY-UNIKU

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Universitas Kuningan (UNIKU) pada hari Kamis, 8 Agustus 2019. Kunjungan ini diawali dengan studi banding Tim UNIKU ke Sentra HKI UNY. Pada hari yang sama, tim yang dipimpin langsung oleh  Dr. DikdikHarjadi, S.E.,M.Si  selaku Rektor UNIKU juga bertemu dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Dr.rer.nat. Senam,  untuk  melakukan penjajakan kerja sama.

"Kami mengucapkan selamat datang di Universitas Negeri Yogyakarta. UNY sangat senang bekerjasama (dengan UNIKU). Mari kita diskusikan misalnya terkait publikasi bersama, penelitian bersama maupun kerja sama lainnya," sambut Dr.rer.nat. Senam. Dr. DikdikHarjadi, S.E.,M.Si menyatakan kebahagiaannya atas diterimanya tim UNIKU di UNY. "Alhamdulillah, saat ini bisa inisiasi penjajakan kerja sama sehingga ke depan hubungan baik ini dapat ditingkatkan ke jenjang kerja sama yang lebih formal. Institusi kami masih sangat muda, baru 16 tahun berdiri dan merupakan merger dari 4 sekolah tinggi dari yayasan yang sama, "papar Dr. DikdikHarjadi, S.E.,M.Si.

Beberapa hal yang didiskusikan dalam pertemuan ini salah satunya adalah terkait peluang kerjasama dalam bidang penelitian bersama dengan mitra asing. UNY telah mengembangkan skema penelitian dengan beberapa universitas di Malaysia dalam bentuk sharing pendanaan. Sedangkan UNIKU saat ini tengah menjalin penelitian bersama dengan Universitas Utara Malaysia(UUM). "Akan lebih cantik jika antara UNY, UNIKU, dan UUM dapat menjalin kerja sama penelitian bersama. Dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat, maka kualitas penelitian dapat semakin ditingkatkan," sambung  Dr.rer.nat. Senam.

Terkait dengan kunjungan UNIKU di Sentra HKI UNY, Dr.rer.nat. Senam menyatakan bahwa saat ini untuk mengajukan HKI sebenarnya relatif cukup mudah dan UNY telah membuktikan dengan semakin meningkatnya produk-produk baik karya dosen maupun mahasiswa yang didaftarakan untuk memperoleh HKI. "Tahun ini, target kami adalah meng-HKI-kan sekitar 200 produk," tukas Dr.rer.nat. Senam. Sementara itu, untuk UNIKU saat ini baru saja memiliki 20 buku yang telah mendapatkan HKI. Besar harapan kami nantinya setealah studi bandingini, produk (UNIKU) yang memiliki HKI akan meningkat.

Heru Purnomo, M.Pd, Sekretaris satuan Penjamin Mutu UNIKU menyatakan bahwa saat ini UNIKU sedang berjuang untuk meningkatkan akreditasi program studi. Heru berharap, UNY bersedia menularkan ilmunya sehingga akan semakin banyak prodi di UNIKU yang meningkat akreditasinya. Menjawab keinginan tersebut, Dr.rer.nat. Senam menyatakan bahwa UNY siap membantu. Karena selama ini, sebenarnya UNY juga telah mendapatkan kepercayaan dari Kemenristekdikti untuk membina beberapa universitas swasta sehingga mengalami peningktan kualitas.(Laksa)