ISORI SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL KEOLAHRAGAAN

1
min read
A- A+
read

ISORI SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL KEOLAHRAGAAN

Dalam rangka memperingati kelahiran Ikatan Sarjana Olahraga (ISORI) di Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 29 April 2021 ini, Pimpingan Pusat ISORI bekerjasama dengan ISORI Daerah Istiimewa Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain Latihan-tanding Tenis, Focus Group Discussion on Sport Science, Webinar Nasional “Keolahragaan”, dan Rakernas.

Webinar nasional dipusatkan di Ruang Sidang Utama Rektorat ini berdasarkan keterangan dari Ketua Panitia Webinar, Dr. Guntur, M.Pd. “Peserta webinar sejumlah 881 peserta dari seluruh Indonesia secara luring maupun daring, seminar paralel diikuti oleh 21 pemakalah.” Tema webinar adalah Optimalisasi Peran Alumni dalam Meningkatkan Pembinaan Olahraga. Bertindak sebagai Keynote Speaker, Menpora RI, dalam hal ini diwakili Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta, M.Pd. Sedangkan narasumber lainnya Ketua DPP IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D., dan Ketua Umum PP ISORI, yaitu Prof. Dr. Syahrial Bahtiar, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, selaku Rektor UNY menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Menpora dalam hal ini Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga yang telah bersinergi dengan DPP ISORI, Universitas Negeri Yogyakarta diberi amanah untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan ISORI.

Selaku keynote speaker Dr. Raden Isnanta, M.Pd. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga yang juga lulusan dari FPOK IKIP Yogyakarta menyampaikan tema tentang Kebijakan Pembinaan Olahraga. “Sekarang ISORI berada pada era milenial, era Revolusi Industri 4.0, era digital. Tantangannya bagaimana membangun insan olahraga. Kenapa kami (Kemenpora) harus memantapkan posisi ISORI? Karena ISORI lebih pada penguatan Sumber Daya Manusia.

“Banyak sekali olahraga yang dapat membanggakan bangsa, melalui prestasi dapat membanggakan bangsa. Prestasi olahraga dicapai tidak dengan cara yang mudah, tidak tiba-tiba, melalui proses panjang dan dari usia dini bagaimana pembinaan dengan baik, berarti  melalui tenaga guru-guru yang merupakan anggota ISORI yang ada di SD, SMP awal ini harus kita sinergikan pengetahuan dan kemampuannya . Lagi-lagi ISORI harus menjadi yang terdepan dalam  pengembangan Sumber Daya Manusia.” Papar Raden Isnanta.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga  Kemenpora mengajak kepada peserta Webinar, “Bagi Sarjana Olahraga, Magister Olahraga, Doktor Olahraga, untuk bekerja secara sinergi, kerja bareng, untuk membangun organisasi olahraga, baik olahraga masyarakat maupun olahraga prestasi.”

Sementara itu, narasumber berikutnya Prof. Suyanto, Ph.D. selaku  Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni UNY menyampaikan tema tentang Pengembangan Optimalisasi Alumni dalam Pengembangan Karier, sedangkan Prof Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd. selaku Ketua DPP ISORI menyampaikan materi tentang Peluang dan Tantangan  Sarjana Olahraga dalam Era Revolusi Industri 4.0. Webinar ini dimoderatori oleh Wakil Sekretaris Jenderal PP ISORI Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Pd. (Sud).