KARYA AFIF GHURUB DIPAMERKAN PADA COLOURS OF CULTURES FESTIVAL 2018, BALI

27
Nov
2018

Afif Ghurub Bestari, dosen Jurusan Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta didapuk sebagai perwakilan Provinis DIY untuk menampilkan karyanya dalam Colours of Cultures Festival (CoCF)  di Gedung IndonesiaTIC dan Beachwalk Shopping Mall, Kuta-Bali mulai tanggal 23-25 November 2018. Selain DIY adapula perwakilan dari DKI, Jateng dan Banten yang turut memeriahkan CoCF 2018.

Dalam event ini, Afif menampilkan 8 set carnival costume on stage, dengan judul Pahargyan. Menurut Afif kostum yang ia tampilkan merupakan perpaduan kostum karnaval dan tarian yang menggambarkan keceriaan dan keriangan generasi muda dalam sebuah perayaan.

“Di kostum ini, saya menggunakan bahan bahan batik Yogyakarta yang dikombinasi dengan berbagai warna kain serta beragam ornament lainnya,” lanjut dosen yang beberapa waktu lalu juga mewakili DIY dalam Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke-10 Taman Mini Indonesia Indah.

Afif menceritakan bahwa antusisme pengunjung cukup tinggi terhadap karya kami. “Terutama, wisatawan asing cukup banyak yang berkunjung, berfoto serta tanya-tanya lebih jauh tentang kostum yang kami tampilkan,” kenang pria yangmembawa  Tim Karnaval UNY menjadi Juara Umum Word Art Camp Olympiade di Filipina bulan Juli kemarin.

Memang pantai Kuta dipilih sebagai lokasi CoCF dengan pertimbangan ingginya tingkat kunjungan wisatawan yaitu  lebih dari 20.000 orang di hari kerja dan lebih dari 30.000 orang pada saat akhir pekan.

CoCF sendiri adalah kegiatan festival tahunan yang terselenggara atas inisiatif ITIC (Indonesia Tourism Information Centre), sebuah pusat informasi pariwisata yang didirikan secara bersama-sama oleh 10 provinsi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama. Kegiatan tersebut sudah diselenggaraan sejak tahun 2015, dan tahun ini adalah CoCF ke 4. CoCF 2018 juga terselenggara berkat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Provinsi anggota FKD-MPU, Pemerintah Daerah Kabupaten Badung, dan Desa Adat Kuta.

Tema CoCF tahun 2018 adalah Taste of Indonesia dimana keanekaragaman budaya dan adat istiadat Indonesia membawa dampak signifikan kepada tingginya tingkat keragaman kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Tujuan diselenggarakannya CoCF adalah membantu promosi pemerintah daerah dan swasta yang bergerak dalam industri pariwisata dan turunannya. Selain itu, untuk membangun kerjasama, menciptakan citra positif pariwisata serta mendorong pelaku usaha untuk berinvestasi. CoCF  juga diharapkan mampu mendorong tumbuhnya ekonomi daerah dengan produk unggulan pariwisata dan industri kreatif. (hryo)

 

submitted by humas