KEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER, FISE GELAR SEMINAR NASIONAL

9
Jul
2010

UU No 20 TAHUN 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan pentingnya pembentukan karakter sebagai landasan pembangunan bangsa Indonesia. Karakter suatu bangsa merupakan bagian cerminan kondisi pendidikan bangsa tersebut.  Berbagai masalah bangsa Indonesia di berbagai bidang selama ini tidak lepas dari karakter dan nilai-nilai masyarakat. Kalau saat ini banyak kritik yang terkait dengan karakter bangsa, maka perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan, ikut bertanggungjawab untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sehubungan dengan itu Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) akan menyelenggarakan Seminar nasional (semnas)  dengan mengangkat tema “Implementasi Pendidikan Karakter di Jepang dan Indonesia”. Pemilihan Jepang dikarenakan Jepang adalah sama-sama Negara di kawasan Asia yang banyak memiliki kesamaan permasalahan dalam pendidikan karakter. Keduanya juga memiliki perbedaan yang dapat saling melengkapi untuk mengoptimalkan perbaikan pendidikan karakter.

Semnas  akan diselenggarakan Jumat, (16/7) di ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY, menghadirkan pembicara Prof. Tsuciya Takeshi (Guru besar  Social Studies – Aichi University - Jepang) dan Sardiman, AM.M. Pd (Dekan FISE UNY).

Ketua panitia seminar, Supardi M.Pd  mengatakan semnas ini bertujuan untuk mengkomunikasikan strategi pendidikan karakter yang diterapkan di Jepang dan Indonesia serta menemukan strategi yang tepat untuk optimalisasi pendidikan karakter di Indonesia. Semnas terbuka bagi  dosen, guru dan mahasiswa untuk bergabung.

Bagi yang berminat bergabung panitia menyediakan kuota 200 peserta dengan kontribusi untuk dosen Rp 100.000,- serta untuk guru dan mahasiswa dengan kontribusi Rp 50.000,-.Peserta bisa mendaftarkan diri langsung ke kampus FISE UNY, dengan alamat Karangmalang Yogyakarta. Untuk informasi bisa didapat di website FISE UNY melalui www.uny.ac.id atau contact person Aprilianti Wulandari (0274-548202 / 081328360990). Bagi calon peserta yang berasal dari luar kota bisa mendaftarkan diri dengan pembayaran melalui rekening Bank Mandiri Cabang Gejayan Yogyakarta, No. Rek. 137-00-0491671-0 a.n Endang Prihatini, M.Hum dan konfirmasi melalui telpon. Partisipasi anda sangat berharga dalam peran membangun karakter bangsa. (sari & lensa)

Share it now!
UU No 20 TAHUN 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan pentingnya pembentukan karakter sebagai landasan pembangunan bangsa Indonesia. Karakter suatu bangsa merupakan bagian cerminan kondisi pendidikan bangsa tersebut.  Berbagai masalah bangsa Indonesia di berbagai bidang selama ini tidak lepas dari karakter dan nilai-nilai masyarakat. Kalau saat ini banyak kritik yang terkait dengan karakter bangsa, maka perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan, ikut bertanggungjawab untuk mengatasi permasalahan tersebut." data-share-imageurl="https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id/files/field/image/foto%20pak%20sardiman_0_0.JPG">
submitted by nurhadi