KEMBANGKAN PENGHEMAT LISTRIK BERBASIS SMARTPHONE, RIZAL PRESENTASI DI INDIA

15
May
2017

Rizal Justian Setiawan, mahasiswa Teknik Mesin 2014, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan inovasi penghemat listrik lampu jalanan berbasis kendali smartphone dan mengikuti Outstanding Student for The World (OSTW) di Bangalore, Pune dan Mumbai (23-29/4).

Outstanding Student forThe World (OSTW) diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri di dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Mumbai merupakan program Student Exchange Technopreneurship yang bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia di luar negeri sebagai penetapan diplomasi ekonomi politik luar negeri. Kegiatan ini mengundang mahasiswa berprestasi di Indonesia yang punya prestasi di bidang start up technopreneur berbasis IT untuk menjadi “duta technopreneur”

Sebagai utusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan salah satu dari 12 orang yang mewakili Indonesia dalam OSTW, mahasiswa yang akrab disapa Rizal ini harus menyelesaikan kuliah umum, seminar dan kegiatan promosi karya ilmiah.

“Setiap peserta harus menyampaikan presentasi karyanya selama 10 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan total ada 14 perusahaan yang dikunjungi dan para peserta harus menyampaikan presentasi karyanya dan melakukan simulasi prototype karyanya di setiap kali kunjungan dengan menggunakan Bahasa Inggris,” cerita Rizal.

Pemuda kelahiran Tenggarong, 26 Mei tahun 1996 silam ini menciptakan sebuah inovasi di bidang teknologi penghemat energi, yakni menggagas sistem peredupan lampu jalanan berbasis kendali smartphone. “Lampu jalanan akan meredup untuk menghemat energi listrik dan dapat terang secara otomatis jika sensor melacak di bawah permukaan lampu dilewati pengguna jalanan.

Melihat saat ini India sebagai salah satu negara yang sangat mumpuni di Bidang Teknologi, disana, saya bertemu dengan banyak pengusaha hebat.

“Jadi di sana saya tidak hanya mempresentasikan satu karya, tapi juga mempresentasikan project-project lain yang telah saya lakukan atau memberikan gagasan-gagasan yang saya punya untuk dikembangkan dan mereka sangat tertarik namun inovasi tentang penghemat lampu jalan yang ini sangat diminati oleh pengembang teknologi India.” ucapnya. (hryo)

submitted by humas