KEMERIAHAN PEMBUKAAN BULAN BAHASA KELUARGA MAHASISWA SASTRA INDONESIA

1
min read
A- A+
read

KEMERIAHAN PEMBUKAAN BULAN BAHASA KELUARGA MAHASISWA SASTRA INDONESIA

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) UNY adakan serangkaian kegiatan yang  bertajuk Bahasa dan sastra. Bertempat di Pendopo Tejokusuma, kegiatan resmi dibuka secara simbolik dengan pemukulan gong oleh dekan Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Sri Harti Widyastuti M. Hum.

Serangkain Bulan Bahasa yang mengangkat tema “Merajut Aksara Merambah Dunia” dikemas dalam dua bentuk kegiatan. Yakni kuliah umum bersama Joko Pinurbo pada tanggal 5 November mendatang serta lomba daring cipta cerpen dan puisi yang berlangsung dari tanggal 16 September hingga 10 November. Adapun puncak dari acara Bulan Bahasa bertepatan pada tanggal 14 Desember 2019.

Ketika dimintai keterangan terkait kegiatan tersebut, Fajar Kurniawan selaku ketua panitia Bulan Bahasa mengatakan bahwa ini merupakan salah satu usaha dalam memeringati bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangasa.

“Harapan kedepannya bisa memperjelas bahwa bahasa Indonesia bisa mempersatukan seluruh kalangan. Dalam artian kita memiliki identitas sendiri-sendiri dengan latar belakang bahasa yang berbeda-beda tapi tetap dengan bahasa satu yakni bahasa Indonesia.”

Berbagai penampilan digelar pada malam itu. Dari teatrikal puisi, tari, musik hingga bintang tamu Yuliono Singsot turut memeriahkan acara tersebut. Acara pembukaan Bulan Bahasa diakhiri dengan musikalisasi puisi Hujan Bulan Juni yang dibawakan oleh Sasmita musik, salah satu divisi yang berada di bawah naungan KMSI. (afaflk/alk)