KMP PASCA UNY HADIRKAN “RAMADHAN CERIA” DI SENGIR, KULON PROGO

20
May
2019

Sekitar pukul 12.30 para panitia sudah berkumpul di Rektorat UNY. Puluhan nasi kotak, bingkisan dan hadiah lainnya sudah dipersiapkan sedemikian apik. Hari itu, Sabtu, 18 Mei 2019, KMP Pasca Unniversitas Negeri Yogyakarta berniat mengemban misi menghadirkan keberkahan ramadha di Dusun Sengir, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta dalam kegiatan “Ramadhan Ceria”.

Butuh perjalanan sekitar 120 menit dari titik kumpul rektorat UNY. Para panitia terdiri dari setiap perwakilan bidang KMP UNY dan didampingi Pjs. KMP, Moh. Adrizal, S.Pd. Sanuri, S.Pd selaku ketua bidang Pengabdian Masyarakat (PM) mengatakan bahwa kegiatan Ramadhan Ceria merupakan salah bentuk kegiatan PM di bulan Ramadhan jika di bulan selanjutnya biasanya melakukan pendampingan di dusun tersebut dalam program pemberdayaan masyarakat khususya pemberdayaan Emping. “Program Ramadhan Ceria ini merupakan kegiatan untuk berbagi dan membantu masyarakat Dusun Sengir, khususnya adik-adik yang membutuhkan, yang masih sekolah. Insya Allah, dalam program ini, adik-adik akan kita berikan santunan serta berupa bingkisan selain acara buka bersama nantinya,”kata Sanuri sebelum keberangkatan.

Tiba di Lokasi, Tim Ramadhan Cerita langsung disambut Kepala Dukuh Dusun Sengir, Heri beserta para ibu dan anak-anak di Balai Desa. Heri mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim atas bantuan dan program yang selama ini telah dijalankan. Ia sangat berharap kegiatan pemberdayaan masyarakat tetap berlanjut untu membantu perekonomian masyarakat.

“Dusun kami ini, kaya secara sumber daya alam, mas. Namun, masih kekurangan dalam sumber daya manusia. Kami sangat berharap teman-teman mahasiswa pasca mau berbagi ilmu-ilmunya kepada masyarakat kami disini,”ujarnya disela-sela sambutannya.

Kepala Desa Kalirejo, Lana, S.Pd juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, selain program-program yang tentu bermanfaat untuk bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta akan memberikan motivasi tersendiri bagi adik-adik untuk terus belajar.

“Rajin dan semangatlah belajar, semoga nanti bisa menempuh hingga S1 dan S2 seperti para mahasiswa yang datang saat ini,”imbuhnya kepada anak-anak yang hadir.

Acara Ramadhan Ceria diisi Tausyah oleh Husni Abidin, kemudian dilanjutkan pembagian santunan dan bingkisan kepada anak – anak. Acara diakhiri dengan buka puasa bersama. Acara Ramadhan Ceria terlaksana dengan sumber dana dari anggaran KMP, Donasi para Dosen UNY dan civitas akademika UNY lewat kotak donasi yang dibuka di sekitaran pasca UNY. “Together We Can Do More. Semangat Menebar Kebaikan.” Toba Sastrawan Manik/JK.

 

submitted by humas