KOLABORASI UNY DALAM SEMINAR DAN PELUNCURAN YAYASAN AR BASWEDAN

1
min read
A- A+
read
KOLABORASI UNY DALAM SEMINAR DAN PELUNCURAN YAYASAN AR BASWEDAN

Yayasan Abdurrahman Rasyid Baswedan bekerjasama dengan DPD IKA UNY DIY dan Badan Kajian Strategis adakan seminar dengan tema “Jalan Pendidikan Memperkuat Keindonesiaan” . Acara seminar juga sekaligus sebagai ajang peluncuran berdirinya Yayasan AR. Baswedan pada Sabtu (13/04). Kegiatan yang dihadiri oleh Rektor UNY sebagai keynote speaker tersebut bertempat di Ruang Vicon, Lantai 4 Gedung Digital Library, Universitas Negeri Yogyakarta. 

Ketua DPD IKA UNY DIY, Dr. Khamim Zakarsih P, M.Si mengatakan dalam sambutannya bahwa salah satu solusi bagi permasalahan sosial di Indonesia saat ini adalah dengan pendidikan. Pandangan yang mengaitkan antara pendidikan dan keindonesian datang dari Abdurrahman Baswedan. Jiwa kebangsaan tidak datang dari keturunan namun dari pendidikan. Pendidikan memiliki kontribusi besar dalam membentuk kepribadian

Seminar yang membahas sepak terjang AR Baswedan dalam pergulatan politik, pendidikan dan kontribusinya dalam kemerdekaan Indonesia diulas oleh narasumber-narasumber yang datang. Narasumber dalam acara seminar beberapa diantaranya Prof.Dr. Chairil Anwar Guru Besar UGM, Prof. Dr. H. Buchory M.S., M.Pd. (Guru Besar UPY) dan Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A (UMY).

Abdurrahman Rasyid Baswedan merupakan seorang tokoh pahlawan nasional Indonesia. Seorang jurnalis, tokoh nasionalis, dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Beliau merupakan diplomat Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan secara de facto dan de jure untuk Indonesia dari Mesir. (Latifah Dian/JK)