KUNJUNGAN JAJARAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS TRISAKTI DI UNY

10
Apr
2018

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tanggung jawab untuk membina dan membentuk mahasiswa menjadi unggul, kreatif, inovatif, taqwa, mandiri, dan cendekia. Tahapan pembinaan kegiatan kemahasiswaan di Universitas Negeri Yogyakarta  antara lain:1) Pada semester awal, mahasiswa baru memperoleh pengenalan kampus, pembinaan dan succes softskill, 2) Pada semester tiga sampai dengan empat, dilaksanakan pengembangan kreativitas mahasiswa melalui ormawa/UKM untuk menghadapi masa depan kompetitif,3) Semester lima sampai dengan enam, dilaksanakan pengembangan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta peningkatan produktivitas dan inovasi baru, 4) Semester tujuh sampai dengan delapan, mahasiswa memperoleh pelatihan pengembangan karir untuk memasuki lapangan kerja dan menciptakan peluang kerja.

Demikian paparan Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sumaryanto saat menerima kunjungan Wakil Rektor III Universitas Trisakti , Hein Wangania di ruang Sidang Senat UNY (5/4).

Lebih lanjut Sumaryanto menjelaskan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta berusaha untuk menargetkan perolehan capaian prestasi lima besar. Seperti saat UNY menjadi tuan rumah POMNAS tahun 2013, secara sisi mahasiswa, UNY meraih ranking ke-4. Parameter capaian prestasi ke depan, tentu tidak akan lepas dari pendanaan, institusi, student exchagne dan sebagainya.

“Bagi kami kalau dalam sebuah kompetisi mengalami kekalahan, maka kami akan merubah strategi, namun apabila menang, kami tidak akan merubahnya”, sambut Sumaryanto,”Setiap tahun UNY memberikan penghargaan kepada mahasiswa, minimal yang memperoleh kejuaraan tingkat kabupaten,”lanjutnya,” Sang juara diciptakan dan bukan sebuah kebetulan, sang juara harus memiliki talenta dan memperoleh pembinaan,” tegasnya. Oleh karena itu, UNY memiliki wadah bagi mahasiswanya, yaitu: Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (meliputi:Bidang Penalaran, Bidang Seni, Bidang Olahraga, Bidang Kesejahteraan dan Minat Khusus

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Trisakti bersama jajarannya, mendiskusikan tentang prestasi mahasiwa ke depan , selekti atlit, pola komunikasi pembinaan mahasiswa, serta menyorot aspek bullying yang perlu penanganan lebih lanjut.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut, 8 orang Wakl Dekan Bidang Kemahasiswaan dari berbagai Fakultas di Universitas Trisakti, sementara dari UNY ikut menyambut seluruh staf ahli, kepala biro , dan segenap jajaran bidang Kemahasiswaan UNY(rew)

Tags: 
submitted by humas