KUNJUNGAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

1
min read
A- A+
read

KUNJUNGAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka studi banding tentang pelaksanaan ujian Computer Assited Test (CAT) CASN tahun 2021. Kunjungan dilaksanakan pada Selasa (8/6) di LPMPP UNY. Rombongan Unsoed dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Hibnu Nugroho dibersamai oleh Ketua LPTSI Dr. Oedjijono, Kepala Biro Umum dan Keuangan Agus Nugroho, MM, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Krisnhoe Maya Woelandari, MM beserta 6 orang staf.

Hibnu Nugroho mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena Unsoed ditunjuk oleh BKN untuk melaksanakan uji CAT CPNS bagi wilayah Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Purwokerto, Cilacap dan Kebumen sebanyak 30.000 orang selama satu bulan. “Kami ingin mempelajari beberapa hal seperti IT meliputi software atau hardwarenya” kata Hibnu Nugroho, karena IT merupakan performa sehingga para CPNS mendapatkan yang terbaik. Ini merupakan reputasi yang akan dipertaruhkan sehingga perlu belajar, termasuk masalah keuangannya. Menurut Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsoed kegiatan ini harus berlangsung sempurna dan tanpa cacat karena menyangkut masa depan banyak peserta. Rektor UNY Prof. Sumaryanto menyambut baik kunjungan ini dan mengatakan bahwa hubungan antara UNY dengan Unsoed telah terjalin sejak tahun 2000an dalam rangka studi banding pembangunan stadion olahraga. “Mohon perkenannya karena rombongan dari Unsoed tidak kami terima di Rektorat melainkan di LPMPP agar lebih mudah dalam mengunjungi UPT TIK” kata Sumaryanto. Rektor mempersilakan Unsoed untuk belajar bersama karena kemitraan itu harus setara.

Dalam kunjungan tersebut Unsoed dan UNY saling bertukar pengalaman dan berdiskusi tentang proses pelaksanaan CAT CPNS dan mempelajari komponen biaya dalam pengajuan kegiatan tersebut sekaligus belajar tentang masalah keuangan dan kepegawaian. Untuk masalah IT kedua belah pihak berdiskusi tentang hardware dan softwarenya karena ujian CAT sangat bergantung pada kedua komponen tersebut. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke UPT TIK UNY untuk melihat sarana dan prasarana yang digunakan mendukung kegiatan tes CAT. Sebagai tambahan informasi, UNY pada Januari 2020 dipercaya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara dan Rembang untuk menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi calon PNS di keenam kabupaten tersebut. Kegiatan tersebut dipusatkan di UPT TIK UNY dengan menyediakan 300 unit komputer. Total peserta CAT titik lokasi UNY sejumlah 42.280 orang dari enam kabupaten. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UNY merealisasikan agenda global berkelanjutan khususnya pada aspek kemitraan untuk mencapai tujuan.  (Dedy)