LABORATORIUM PENDIDIKAN ADA DI FAKULTAS

1
min read
A- A+
read

audiensi perwakilan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana

Pada saat sekarang adalah masa transisi pengelolaan Prodi S2 dan S3 dari Pascasarjana ke fakultas. Keinginan program magister/doktor itu sudah dirancang sejak lama, sebagaimana halnya keberadaan Prodi S2 dan S3 Ilmu Keolahragaan, yang sudah dirancang sejak dulu. Ke depan, Program Studi monodisiplin akan dikelola oleh fakultas dan multidisiplin akan dikelola oleh Pascasarjana. Asumsinya yang monodisiplin dikelola oleh fakultas akan lebih maju, karena yang mengetahui Prodi-Prodi yang monodisiplin adalah yang berasal dari fakultas. Seperti halnya kebutuhan SDM teknik dari Fakultas Teknik, kebutuhan SDM bahasa dari Fakultas Bahasa dan Seni, serta kebutuhan SDM olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan seterusnya. Mengapa demikian,  karena sebagai contoh, yang mengetahui tentang kualitas dan kuantitas kebutuhan SDM tersebut, berasal dari fakultas masing-masing. Seperti juga untuk SDM pada Pascasarjana FIK, yang mengetahui adalah orang-orang FIK, bukan orang-orang Pascasarjana. Demikian pula Pascasarjana lainnya dengan Prodi mono. Sehingga dengan ditempatkannya Prodi S2 dan S3 yang monodisiplin kepada fakultas, diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiwa baik dalam hal akademis atau yang lainnya.

Demikian Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyampaikan saat menerima audiensi perwakilan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta  (KMP UNY) di Ruang Rapat Pimpinan, (23/3). Lebih lanjut Rektor mengemukakan bahwa laboratorium dari kegiatan-kegiatan tersebut berada di fakultas. Oleh karenanya dirasa tepat apabila keberadaan Prodi S2 dan S3 Pascasarjana monodisiplin berada di fakultas.” Adek-adek semua yang berada di 7 fakultas dan 1 Pascasarjana adalah anak-anak saya, jadi gunakanlah lab tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Ketua KMP Pascasarjana, Boy Harsono mengemukakan dengan berpindahnya sebagian Pascasarjana ke fakutas, selanjutnya ke depan berharap keberadaan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana akan jelas. “Selama ini kalau di fakultas sudah ada Keluarga Mahasiswa Fakultas, namun untuk tingkat universitas belum ada. Sehingga dengan berpindahnya sebagian Pascasarjana ke fakultas ini, kami berharap adanya fasilitasi transisi UKMP ini dari Pasca ke Universitas,”papar Boy.

Senada, wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr. Anik Ghufron, M.Pd. menyambut baik rencana pengkondisian KMP Pascasarjana. “Segera sampaikan usulan kepengurusan KMP ini kepada kami dan akan kami back up.”ujarnya.

Audiensi dengan agenda utama silaturahim KMP Pascasarjana dikuti 8 orang yang merupakan perwakilan unit kegiatan di Pascasarjana. Turut hadir dalam audiensi ini Koordiator Bidang Kemahasiswaan. (rew)