LANGKAH PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DISAJIKAN DALAM VIDEO

1
min read
A- A+
read

Di sekolah, siswa dituntut untuk belajar mandiri sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan 2013. Maka dari itu, guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang aktif agar siswa dapat terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Terdapat berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Salah satu metode tersebut adalah metode pembelajaran snowbal throwing.

Untuk mempermudah memahami penerapan metode snowball throwing mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri dari Bima Purba Tangkas, Elsanti Devi Rahmanai, Lailaturrohmah, Nahruttohiroh dan Siti Nurul Hidayah membuat video pembelajaran tentang penerapan metode snowball throwing. Melalui video pembelajaran ini diharapkan agar calon guru IPS SMP maupun guru IPS SMP lebih mudah dalam mempraktikkan metode tersebut.

“Metode snowball throwing merupakan metode pembelajaran yang dapat menggali potensi kepemimpinan perserta didik dalam kelompok dan ketrampilan membuat dan menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Sehingga metode pembelajaran dapat melatih potensi kepemimpinan, ketrampilan, serta kreatifitas peserta didik” jelas Bima Purba Tangkas.

Mahasiwa Pendidikan IPS tersebut menambahkan, langkah-langkah dalam metode snowball throwing antara lain guru membentuk kelompok – kelompok dan memberikan penjelasan materi kepada ketua masing – masing kelompok. Selanjutnya. ketua kelompok menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya. Kemudian, siswa diberi satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan berkaitan dengan materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. Langkah berikutnya, kertas tersebut dibuat menyerupai bola dan dilempar dari s siswa satu ke siswa yang lain selama kurang lebih 5 menit. Setelah siswa mendapat satu bola, mereka diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian. Langkah terakhir adalah evaluasi. (Eko)