LULUSAN SEBAIKNYA MENJADI AGENT OF CHANGE

31
May
2010

Para lulusan harus menjadikan ilmu dan keahliannya sebagai modal melakukan perubahan di sekitarnya, sehingga menjadi agen perubahan (agent of change). Dalam konteks ini, mampu menghasilkan karya – karya yang dapat memberikan kepuasan dan jawaban terhadap persoalan yang dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Rektor UNY, Dr. Rochmat Wahab, MA,  pada acara Wisuda Lulusan S3, S2, S1, dan S0 di Auditorium UNY, Rabu, 26/5.  Pada wisuda kali ini UNY meluluskan 1038 orang dengan rincian S3 9 orang, S2 (54), S1, (851), dan S0 (124).

Lanjut Rektor, untuk dapat mengakselerasi pencapaian kemajuan karir dan meng-update ilmu secara terus – menerus, semua lulusan hendaknya  meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis pengalaman dan karyanya untuk di-sharing-kan kepada publik, sehingga menjadikan ilmunya bermanfaat bagi kita semua. “Kondisi hidup sekarang baik di Indonesia maupun seluruh dunia sedang dihadapkan persoalan yang kompleks, bahkan kehidupan sangat terbuka sekali, sehingga tidak sekat – sekat negara dan bangsa. Semua sudah menyatu. Sebagai individu yang beragama yang beragam, kita harus siap menghadapi berbagai persoalan itu, sekalipun terjadi pertentangan peradaban," tegasnya.

Rektor juga berpesan para wisudawan  untuk menunjukkan jati dirinya sebagai insan yang berkepribadian dan berhati nurani. Para wisudawan diharapkan  bisa memainkan peran kesadarn kolektif (collective awareness) dalam pergaulan sehari – hari dan wajib  menjaga nama baik almameter. Ditambahkannya, sarjana sebagai seorang otonom dan mandiri, memiliki modal yang cukup untuk berbuat dan berkarya sesuai dengan keahlian masing – masing. Hal ini perlu dilandasi dengan semangat kewirausahaan (enterpreneurship spirit). Memang tidak mudah mencari pekerjaan, namun dengan modal pengetahuan ketrampilan dan pengalaman, diharapkan lulusan bisa memiliki kepercayaan diri untuk bisa bersaing memperebutkan peluang yang ada. atau memulai dengan suatu pekerjaan yang kecil sesuai dengan bidang ilmunya.(witono/ls)
  

Share it now!
Para lulusan harus menjadikan ilmu dan keahliannya sebagai modal melakukan perubahan di sekitarnya, sehingga menjadi agen perubahan (agent of change). Dalam konteks ini, mampu menghasilkan karya – karya yang dapat memberikan kepuasan dan jawaban terhadap persoalan yang dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Rektor UNY, Dr. Rochmat Wahab, MA,  pada acara Wisuda Lulusan S3, S2, S1, dan S0 di Auditorium UNY, Rabu, 26/5.  Pada wisuda kali ini UNY meluluskan 1038 orang dengan rincian S3 9 orang, S2 (54), S1, (851), dan S0 (124)." data-share-imageurl="https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id/files/field/image/wisuda.preview.JPG">
submitted by humas