MAHASISWA BIOLOGI UNY JUARA 3 LOMBA DEBAT MAHASISWA DI UNIMUS SEMARANG

25
Jun
2019

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY kembali berprestasi yaitu juara III pada lomba Debat yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) pada Sabtu, 22/6/19. Kompetisi Nasional Debat Mahasiswa Umum diikuti oleh tim debat dari PTN dan PTS diseluruh Indonesia. Acara yang bertemakan “Implementasi Nasionalisme Pemuda Untuk Rakyat Indonesia”. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Fita Nilasari,  Adinda Yuslia Rukmanandita, dan Yulisa Ratih Istiana.

Fita menerangkan, kompetisi yang dinilai oleh 6 Dewan Hakim atau Juri ini terdiri dari 4 tahapan yang harus dilalui oleh setiap tim. Tahap pertama, babak penyisihan yang dibagi menjadi grup A dan grup B. Tim debat UNY mendapatkan score tertinggi di grup B sehingga lolos ke babak perempat final.  Di babak ini Tim debat UNY kembali meloloskan diri dibabak semifinal.

Setelah bertemu dengan dengan tim-tim yang tak kalah luar biasa, Fita dkk masuk ke babak perebutan juara 3. Tim debat UNY (Fita) bertemu dengan Tim debat lain yang juga berasal dari UNY. Tahap demi tahap terlalui hingga pengumuman pemenang oleh Juri di malam  harinya. Juara 1 diraih oleh tim debat dari Universitas Diponegoro, Juara 2 dari Universitas Trunojoyo Madura, dan  Juara 3 tim debat FMIPA UNY.

Adinda Yuslia menambahkan, penilaian juri berdasarkan enam aspek antara lain sistematika berfikir, kesesuaian dengan mosi, kedalaman materi,  intonasi, gaya dan mimik wajah, serta kekompakan tim. (witono)

submitted by humas