MAHASISWA BK FIP UNY CIPTAKAN PROTOTYPE APLIKASI PENCEGAH DEPRESI DAN BUNUH DIRI

11
May
2018

Global Ideapreneur Week 2018 merupakan sebuah event kompetisi start-up yang diadakan oleh Studec International dengan MaGIC (Malaysian Global Inovation & Creativity Centre) yang merupakan wadah inkubasi start-up di Malaysia yang dibiayai langsung oleh pemerintah Malaysia. GIW 2018 dilaksanakan pada 3-5 April 2018, diikuti ratusan tim pada awal seleksi, dan akhirnya dipertemukan pada babak final sebanyak 40 finalist. Salah satu wakil dari Indonesia adalah Antonius Ian Bayu Setiawan (mahasiswa BK FIP UNY) yang meraih juara kedua, dan mendapatkan medali serta uang pembinaan RM 1.000.

Berbekal ide mengenai Bimbingan dan Konseling berbasis digital, Bayu membuat prototype dengan nama ‘Si Dedi’ (Aplikasi Pencegah Depresi dan Bunuh Diri). Hal ini karena banyaknya angka korban depresi dan semakin meningkatnya kasus bunuh diri. Prototype ini dipresentasikan pada event Global Ideapreneur Week 2018 (GIW 2018) yang merupakan sebuah event kompetisi start-up yang diadakan oleh Studec International dengan MaGIC (Malaysian Global Inovation & Creativity Centre).

Di dalam Si Dedi ada berbagai fitur yang pertama adalah writing expression, untuk agar si sklien memiliki masalah bisa menceritakan masalahnya dengan writing expression dengan text dan konselornya bisa mengambil kesimpulan dari ekspresi penulisan si klien. Klien bisa melihat riwayat dari cerita yang sudah ditulis. Kemudian ada Fitur musik yang dapat memberikan terapi relaksasi bagi klien. Kedepannya fitur musik akan bekerjasama dengan mahasiswa seni musik UNY dalam penciptaan musik. Lalu ada Fitur Tokoh Wayang yang mengangkat kearifan lokal Indonesia. Contohnya mengambil pesan moral dari tokoh-tokoh pewayangan seperti Puntadewa, Werkudara, Arjuna, dll.

Bayu melanjutkan adanya fitur connecting yang bisa digunakan untuk mencari konselor terdekat. Yaitu semacam map untuk memudahkan klien mencari konselor dimana dalam map konselor akan muncul dengan tanda beacon yang berkedip-kedip. Adapun fitur timeline yang kedepannya akan bekerjasama dengan ABKIN dan IMABKIN. Fitur ini menyajikan update solusi ataupun berita yang berkaitan dengan ranah Bimbingan dan Konseling. Hingga saat ini Bayu sedang mencari investor dalam hal pengembangan aplikasi dan perealisasian aplikasi Si Dedi. (bay/ant)

Tags: 
submitted by humas