MAHASISWA DAN WARGA CLEBUNG GUNUNG DIRIKAN POSBINDU

1
min read
A- A+
read

Bertempat di dusun Clebung Gunung, desa Soronalan, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang, Mahasiswa KKN K074 dibantu oleh masyarakat setempat membangun POSBINDU (Pos Bimbingan Terpadu) yang bertujuan untuk mendeteksi lebih dini penyakit yang tidak menular. Adapun awalnya inisiatif mendirikan pos ini adalah karena banyaknya lansia yang meninggal karena tidak terdeteksi penyakit sebelumnya. Nantinya di pos pembinaan ini, para lansia ataupun warga bisa memeriksakan kesehatanya secara berkala dengan harga yang relatif sangat murah karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah desa setempat. Selain bisa memeriksakan kesehatanya, warga disini juga akan sesering mungkin diberi penyuluhan tentang cara hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola makan.

Alat- Alat pemeriksaan yang tersedia disini pun sudah cukup lengkap, setidaknya bisa untuk mengukur tensi darah, kadar gula dan kolesterol serta asam urat. Untuk penyakit yang ringan pun bisa diobati disini. Pos ini pun mengandalkan masyarakat setempat untuk menjadi kader yang diperbantukan untuk membantu tugas pegawai PUSKESMAS dan dokter yang sedang bertugas disini. Pos ini akan membuka pelayananya sebulan sekali di minggu ke- 2.

Warga di dusun inipun sangat luar biasa, muda- mudinya sangat antusias untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari dilatih langsung oleh petugas dari PUSKESMAS serta mahaiswa untuk menjadi kader POSBINDU, walaupun nantinya selama menjadi kader dan melayani masyarakat, mereka tidak dibayar, tapi mereka tetap semangat serta ikhlas demi warga dan keluarga mereka.

Tepat pada tanggal 23 Agustus yang lalu, POSBINDU ini pun akhirnya diresmikan dengan disaksikan Lurah Soranalan serta Camat dari Sawangan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dan Kepa Puskesmas Sawangan, serta warga masyarakat setempat. Camat Sawangan dalam sambutanya sangat mengucapkan terima kasih atas peran serta warganya yang aktif menyukseskan berdirinya POSBINDU ini dan untuk organisasi- oragnisasi desa, serta menyampaikan rasa kagumnya terhadap kekompakan warga di desa Clebung Gunung (rani)