MAHASISWA KKN UNY MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN SABUN BAGI MASYARAKAT DUSUN SOKOLIMAN

1
min read
A- A+
read

Sebagai hasil kegiatan pelatihan pembuatan produk bagi masyarakat, KKN UNY KO17 2019 yang bertempat di Dusun Sokoliman Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunubgkidul melatih ibu-ibu rumah tangga membuat produk Sabun Sokolight. Pelatihan ini diadakan tanggal 29 Juli 2019 yang bertempat di SD Impres Sokoliman. Peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan sabun berjumlah 11 orang.

Produk Sokolight adalah sebuah produk sabun cair untuk cuci piring. Tujuan diadakannya pelatihan membuat sabun cuci piring sebagai usaha penghematan maupun industri rumahtangga untuk menambah penghasilan. Dengan menggunakan bahan dasar yang lebih ramah lingkungan dan sedikit modifikasi resep untuk mendapatkan sifat dan kenampakan yang diinginkan. Ibu-ibu Dusun Sokoliman merasa senang mendapatkan informasi tentang tata cara pembuatan sabun cair dan sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan.

”Penggunaan sabun cuci dalam sehari cukup banyak tetapi harga sabun cuci di pasaran semakin meningkat. Kami berharap dengan adanya Pelatihan Pembuatan Sabun untuk masyarakat ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat agar melahirkan wirausaha baru dan menambah pemasukan masyarakat.” Ujar Ibu Rukmini salah satu warga Sokoliman.

Kegiatan pelatihan ini mengajak ibu-ibu untuk sama-sama membudayakan membuat sabun cuci sendiri untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai industri rumah tangga. Selain itu mereka tidak merasa khawatir tentang bahaya sabun lagi karena mereka secara langsung mengetahui bahan-bahan yang aman karena membuat sendiri. Dapat disimpulkan bahwa membuat sabun sebenarnya bukan sesulit yang dibayangkan. (Yunara)