MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI NEGARA KUNJUNGI BKD DIY

15
Jun
2011

Sebanyak  110 mahasiswa jurusan Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE),  semester VI, kunjungi  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Yogyakarta, Selasa (7/6). Dengan menggunakan tiga bus milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) , didampingi  dosen pembimbing Rosidah, M.Si dan Lena Satlita, M.Si mereka disambut oleh Kepala BKD DIY, Sudibyo, S.H, beserta jajarannya di Ruang Rapat C, BKD.

Menurut  Ketua Panitia, Tiwul, kunjungan ini melengkapi  tugas perkuliahan Manajemen SDM,  survey ke berbagai  lembaga pemerintah untuk mengetahui  implementasi dari Manajemen SDM .  Dengan kunjungan  ini, selain kami bisa mengetahui secara lebih jelas Manajemen SDM  di Pemprov DIY, kami berharap juga dapat melihat dan menangkap peluang-peluang yang ada di Pemprov DIY setelah kami lulus nanti, ujarnya.

Sudibyo menerangkan manajemen kepegawaian di Pemprov DIY  “digodog” di BKD DIY, mulai dari rekruitmen sampai dengan pensiun.  Pemprov DIY  memiliki 34 lembaga berbentuk biro atau badan dan mempekerjakan 7862 pegawai. Dalam memantau pekerjaan para pegawainya, BKD menerapkan sistem “reward “ dan “punishment”. Hal ini dilakukan agar kinerja pegawai dapat berjalan dengan baik.  Selain itu, dalam penempatan pegawai BKD menerapkan psikotes untuk mengetahui kompetensi dan minat pegawai, agar dapat ditempatkan di tempat yang tepat. “Istilahnya orang yang tepat pada tempat dan waktunya,” ujar Sudibyo.

Mahasiswa terlihat antusias mendengarkan keterangan dari Sudibyo. Hal ini tampak saat waktu diskusi yang dipenuhi dengan berbagai pertanyaan dari mahasiswa. Sudibyo dibantu jajarannya, menjawab pertanyaan dari mahasiswa satu per satu. Akhirnya, kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. (triyanto/ls)

submitted by humas