MAHASISWA S2 TP PPS UNY PAMERKAN KARYA MULTIMEDIA

19
Jun
2017

Sebagai upaya apresiasi dan peningkatan kemampuan akademik mahasiswa, Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran PPs Universitas Negeri Yogyakarta menggelar pameran produk Multimedia Pembelajaran Interaktif. Pameran yang bertajuk “In-Tech Expo 2017” ini digelar di Aula Program Pascasarjana UNY Kamis (15/6). Acara yang dibuka oleh Direktur PPs UNY dan dihadiri para Kaprodi, dosen serta mahasiswa di lingkungan PPs UNY tersebut berlangsung cukup meriah.

Dalam laporannya, ketua panitia Keith Francis Ratumbuisang, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini memamerkan lebih dari seratus produk Multimedia Pembelajaran Interaktif karya mahasiswa S2 TP angkatan 2016 kelas A dan B. Produk yang dihasilkan pada semester 1 dan 2 tersebut dikemas dengan berbagai aplikasi authoring tools seperti, Adobe Flash CS 6, Camtasia, Audition, Premier, E-Pub, hingga MPI berbasis Android serta untuk pembelajaran berbagai bidang ilmu dan berbagai jenjang pendidikan.

Ketua Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran UNY Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian tugas akhir mata kuliah Multimedia Pembelajaran yang dilaksanakan setiap tahun. “Melalui pameran ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan terutama dalam bidang produksi multimedia pembelajaran sekaligus menunjang karir dimasa depan sebagai teknolog pembelajaran”, tandasnya. Di samping itu, produk-produk multimedia ini diharapkan menjadi embrio tesis mahasiswa, sehingga mereka bisa lebih cepat menyelesaikan studinya. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga memperkenalkan lima mahasiswa S2 TP yang telah lulus seleksi dan mendapatkan LoA (letter of Acceptance) Program Dual Degree dengan National Central University Taiwan. Program yang merupakan pionir di Universitas Negeri Yogyakarta ini akan memberangkatkan Siti Any Maya Shulhah, Keith Francis Ratumbuisang, Prilia Ardisa, Wa Ode Muslihah dan Yan Amal Abdilah awal September tahun 2017 ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur PPs UNY Dr. Bruri Triyono, M.Pd. yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata sebuah hasil belajar. “Ruang-ruang akademik harus mendorong dan memfasilitasi perkembangan karya-karya nyata para mahasiswa sebagai salah satu wujud meningkatnya pengetahuan dan keterampilan”, katanya. Beliau juga mengucapkan selamat atas terpilihnya lima orang mahasiswa dalam Program Dual Degree dengan harapan semoga mereka sukses dalam kegiatan pembelajaran di Taiwan. Secara resmi pameran kemudian dibuka secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Direktur PPs didampingi oleh Kaprodi S2 TP dan dosen S2 TP PPs. (Achmad Farchan)

 

submitted by humas