MAHASISWA TAIWAN IKUTI MAGANG MASASE TERAPHY

5
Sep
2017
Baru- baru ini sejumlah 5 mahasiswa dari Human Development and Health Department National Taiwan University of Nursing and Health Sciences (NTUNHS) Taiwan selesai mengikuti program perkuliahan pelatihan dan magang Dasar- Dasar Terapi Manipulatif dan Terapi Dasar Olahraga di FIK UNY. Selama sebulan, kelima mahasiswa NTUNHS mengikuti paparan teori, observasi, praktek, dan ujian yang didampingi Dr. Ali Satia Graha, M.Kes. dan Dr. Bambang Priyonoadi, M.Kes. selaku narasumbernya.
Huang Wen Ching, Ph.D., Dosen Pendamping kelima mahasiswa tersebut mengaku senang dan antusias dengan materi perkuliahan dan praktik yang didapatkannya. Menurut Huang, masase dilakukan dengan 'asyik' dan bisa menjadi 'magic' karena menyembuhkan cedera seseorang. Sementara itu, Wu, Cia Chieh yang merupakan mahasiswa program studi Sport Exercise dan seorang pemain woodball mengaku tertarik mendalami metode penanganan cedera yang diajarkan. Hampir semua orang memiliki atau pernah mengalami cedera baik pada skala kecil hingga yang besar (parah), sehingga ilmu yang didapatkannya akan sangat berguna baginya dan kerabatnya. Lebih dari itu, metode Terapi Manipulatif yang mereka pelajari merupakan hal yang benar-benar baru dalam terapi cedera dan rehabilitasi fisik. Mahasiswa lainya, Lin Zheng Hao berjanji akan segera mencoba menyembuhkan cedera-cedera keluarga dan kerabatnya berbekal ilmu dan pengalaman yang ia dapatkan ketika perkuliahan dan praktek di Klinik Terapi Fisik FIK UNY.  
Dekan FIK, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. dalam sambutan pada acara perpisahan dengan kelima mahasiswa NTUNHS tersebut berpesan kepada agar dapat mengimplementasikan ilmu dan pengalamannya sesampai di Taiwan. Pengalaman yang baik selam di FIK UNY serta nilai- nilai budaya Indonesia dapat disebarluaskan kepada masyarakat Taiwan. FIK UNY siap menindaklanjuti program kerjasama dalam bidang-bidang keolahragaan lainya dengan NTUNHS Taiwan.(satya)
 

 

submitted by humas