MAHASISWA UNY, MERAIH BRONZE MEDAL PADA AJANG INTERNASIONAL INVENTION & INNOVATIVE COMPETITION (INIIC) 2019

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY, MERAIH BRONZE MEDAL PADA AJANG INTERNASIONAL INVENTION & INNOVATIVE COMPETITION (INIIC) 2019

Mahasiswa UNY dari 4 Fakultas yang berbeda, bersatu menjadi 1 tim dan berhasil menyabet medali Perunggu pada perhelatan Internasional Invention & Innovative Competition (INIIC Series 2 tahun 2019) pada Sabtu, 2 November 2019 di Palace of the Horse Selangor, Malaysia.

Lomba reka cipta dan kompetisi inovasi yang diadakan secara Internasional ini mencari inovasi terbaru yang rendah biaya dan bersolusi praktis terkait aksesibilitas dalam suatu masyarakat. Tim UNY berhasil memenangkan lomba ini dengan bimbingan dari Dr. Pujianto, M.Pd. beliau adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim UNY yang diketuai Asmi Aris (P. Kimia FMIPA, 2017), beranggotakan Miya Kurniawati (PKO FIK, 2018), Satria Rizki Ananda (Tek. Elektro FT, 2017), Astuti Naviah Apriliani (P. Kimia FMIPA, 2017) juga Anida Ayu Kintana (B. Jerman FBS, 2017). Mereka berlima mengirimkan inovasinya berjudul "Development of Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) with Antosianin Sensitizer of Siwalan Skin (Borassus flabellifer)".

Mereka ingin mengembangkan energi terbarukan menggunakan bahan pewarna konvensional. Dengan menggunakan ekstrak kulit siwalan sebagai zat pewarna dalam pembuatan sel surya peka warna atau Dye-Sensitized Sollar Cel (DSSC). Karena pewarna alami saat ini banyak digunakan sebagai pewarna pada sel surya tipe DSSC. Penelitian ini diharapkan menghasilkan efisiensi yang baik dan dapat digunakan sebagai sumber energi listrik alternatif di masa depan. (PD)