MAHASISWA UNY MERAIH SILVER MEDAL WORLD YOUTH INVENTION AND INNOVATION AWARD 2021

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY MERAIH SILVER MEDAL WORLD YOUTH INVENTION AND INNOVATION AWARD 2021

Kolaborasi mahasiswa  FMIPA dan FBS UNY berhasil menorehkan prestasi  akademik tingkat internasional setelah berhasil meraih Silver Medal pada ajang World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA)2021. Para mahasiswa tersebut yaitu Dwi Nurul Fajriah, Indana Sulistyaningrum (Kimia), Ulfi Rohmawati (Fisika), Eka Nurrohmah Rahmadanti,dan  Ilham Maulana (Pendidikan Bahasa Inggris).

Ketua tim, Nurul Fajriah mengatakan, WYIIA merupakan acara yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk memamerkan karya / proyek mereka, serta meningkatkan kualitas dan jenis proyek yang telah berkontribusi pada perkembangan dunia.

“Pada lomba yang diselenggarakan  17-21/8/21 dengan  Zoom Meeting dan diikuti oleh 377 tim dari 35 negara ini kami mempresentasikan karya berjudul Nanocomposite ZnO/Carbon Dots Cassava Outer Shell as a Photocatalyst for Methylene Blue Dyes Waste Degradation”, jelas Nurul.

Dalam paparannya Nurul dkk  mengungkapkan bahwa zat warna metilen biru banyak ditemukan pada proses pewarnaan tekstil. Zat warna sintetik ini tidak ramah lingkungan, karsinogenik, dan beracun. Untuk mengatasi hal tersebut, berbagai cara telah dilakukan, salah satunya adalah fotodegradasi. Fotodegradasi adalah metode untuk memecah kandungan zat warna limbah menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan fotokatalis semikonduktor dan sinar ultraviolet atau sinar tampak.

“Tim kami berinovasi mengompositkan ZnO dengan C-Dots yang diperoleh dari kulit luar singkong sebagai fotokatalis. Penambahan C-Dots akan memperluas permukaan aktif fotokatalis sehingga kinerja degradasi limbah zat warna metilen biru dapat lebih optimal”, lanjutnya. (witono)