MAHASISWA UNY RAIH JUARA 1 SAYEMBARA MENULIS CERPEN NASIONAL ETNIKA FEST UGM

25
Apr
2019

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kembali membuktikan prestasinya. Kali ini, Rizal Amril Yahya, salah satu mahasiswa program studi PBSI memperoleh juara 1 di ajang sayembara menulis cerpen nasional “Etnika Fest” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB), UGM, Jumat (22/03/2019). 

Etnika Fest sendiri merupakan festival sastra dwitahunan yang merupakan kolaborasi sebelas jurusan dari FIB, UGM. Beragam minat kesusasteraan dilombakan di festival ini, meliputi sayembara penulisan puisi, esai sastra, dan cerpen. Rizal memenangi sayembara penulisan cerpen ini dengan judul karya “Wartawan Manan dan Seorang Orang Utan”. Tidak main-main, juri kawakan yang mengkurasi karya Rizal adalah Seno Gumira Ajidarma, Kedung Darma Romansha, dan Yuditeha.

Rizal menyatakan bahwa cerita pendeknya berusaha menyampaikan tentang penurunan populasi orang utan di Indonesia namun dibingkai melalui pikiran seorang wartawan. “Cerita ini berangkat dari kegelisahan saya pada kondisi fauna langka di Indonesia yang memperihatinkan,” ujar Rizal.

Tahun 2018, Rizal juga menjuarai sayembara penulisan cerpen yang diselenggarakan LPDP UI. Saat ini Rizal mengasah kemampuan menulisnya di UKM jurnalistik, LPM Ekspresi UNY. “Menulis sastra itu harus bersentuhan dengan masalah-masalah dan peristiwa untuk mengasah kepekaan dan saya bergumul dengan fakta serta peristiwa di LPM Ekspresi, yang kemudian saya olah ke dalam karya sastra. Menulis sastra bukan hanya menekuni bacaan sastra kanon, atau duduk di ruang kuliah saja,” tutup Rizal. (Muhammad Abdul Hadi/JK)

 

submitted by humas