MAHASISWA UNY SELENGGARAKAN BIMBINGAN KONSELING DI ASRAMA YATIM DHUAFA MIZAN AMANAH

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY SELENGGARAKAN BIMBINGAN KONSELING DI ASRAMA YATIM DHUAFA MIZAN AMANAH

Dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter pada anak – anak yatim Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta, tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (PKM-M UNY) memberikan layanan bimbingan konseling melalui bimbingan kelompok dengan metode story telling agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan asrama, sekolah, maupun masyarakat. Nilai-nilai karakter yang diajarkan yaitu kerja keras, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi.

Tim PKM-M ini dibersamai oleh 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), program studi bimbingan dan konseling yaitu Adhimum Mar’atis Sholihah, Nia Nurhalimah, Ridwan Kurniawan dan Sonia Noor Huda, dengan dosen pendamping Ibu Siti Aminah, M.Pd. Layanan bimbingan konseling ini dilakukan melalui medium story telling menggunakan media boneka tangan atau puppetry. Layanan ini dipilih dengan menyesuaikan objek sasaran yaitu dua belas anak Mizan Amanah yang berada pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Layanan diberikan sebanyak tujuh kali kegiatan dengan penanaman nilai karakter yang berbeda. Selama kegiatan berlangsung, tidak hanya mahasiswa yang terlibat namun pihak pengelola yayasan juga berkontribusi dalam memonitor setiap kegiatan anak asuh. Sebagai bentuk pengawasan kegiatan, anak asuh memaparkan perihal yang telah dipahami dari materi yang disampaikan dan melakukan story telling secara bergantian. Harapannya, anak asuh mampu memahami materi yang diberikan oleh mahasiswa melalui layanan bimbingan kelompok story telling.

Selain menanamkan nilai karakter, mahasiswa juga melakukan kegiatan refleksi nilai-nilai karakter yang sudah diimplementasikan pada kehidupan sehari hari. Pada kegiatan ini, anak asuh diminta menggambarkan secara deskriptif apa yang telah mereka implementasikan pada kehidupan sehari-hari dan menuliskannya pada kertas dan melalui media pohon karakter. Anak asuh mengikuti dengan aktif dan antusias dalam kegiatan yang dilakukan.

Agar program ini tetap berlanjut ke depannya, mahasiswa memberikan modul pembelajaran pendidikan karakter melalui story telling, poster edukasi, dan media story telling pada Asrama Yatim Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta. (Muhammad Abdul Hadi/JK)