MBAK MONATA (MODERN BANGKU KERAMIK MOTIF PERMAINAN TRADISIONAL DAM-DAM-AN)

20
Jul
2018

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim PKM-K Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan ketua Dikko Andrey Kurniawan dari prodi Manajemen  Pendidikan yang beranggotakan Siti Handayani dari Pendidikan IPS, Aji Tofa Nashruddin dari Teknologi Pendidikan dan Praptiningsih dari Manajemen Pendidikan bawah dosen pembimbing Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd  menggagas pembuatan bangku taman dengan desain permainan Dam-dam-an. Bangku ini menggunakan limbah keramik yang didesain secara menarik sehingga dapat menciptakan sebuah peluang usaha kreatif dengan memanfaatkan limbah keramik serta sebagai media permainan tradisional untuk masyarakat. Kegiatan yang didanai DIKTI dan berlangsung sejak bulan April-Juli 2018.

Menurut Aji Tofa Nashruddin dan Praptiningsih yang merupakan anggota kelompok MBAK MONATA menjelaskan bahwa tujuan dari MBAK  MONATA adalah 1) untuk memanfaatkan limbah keramik yang tidak terpakai dan hanya akan tertumbuk dan berserakan disembarang tempat sebagai bahan pembuatan bangku taman yang kreatif dan inovatif serta 2)  untuk menciptakan wirausaha kreatif yang sekaligus sebagai usaha pelestarian permainan tradisional dam-dam-an. Target sasaran dari wirausaha MBAK MONATA adalah kelas ekonomi menengah ke atas dan lembaga pendidikan. Harga satu unit MBAK MONATA dibandrol sekitar 350.000,- dengan lama waktu penyelesaian selama 4 hari.

Harapan dengan hadirnya MBAK MONATA dapat memfasilitasi orang-orang yang duduk sehingga dapat bermain dan berinteraksi bersama serta dapat mengurangi generasi merunduk yang saat ini sudah merambah pada anak-anak. Selain memiliki nilai estetis dan ekonomis, produk MBAK MONATA termasuk inovasi dalam upaya pelestarian permainan tradisional, yaotu permainan DAM-dam-an. (dew/ant)

Tags: 
submitted by humas