MENANDAI PUNCAK DIES NATALIS KE-69, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN (FIP) UNY MENGGELAR ORASI ILMIAH

1
min read
A- A+
read

Rabu (14/8) FIP UNY melangsungkan Upacara Dies yang menandai acara puncak Dies Natalis ke-69 FIP. Upacara Dies tersebut diisi dengan Orasi Ilmiah yang menghadirkan Prof. Dr. Suminto A. Suyuti, guru besar Fakultas Bahasa dan Seni UNY, yang sekaligus sebagai pemerhati budaya. Dalam orasi ilmiah bertajuk “Implementasi Pendidikan Bermakna Berbasis Kearifan Lokal”, Suminto menyampaikan bahwa kearifan lokal penting untuk dipertimbangkan dalam implikasi pendidikan bermakna, terlebih jika pendidikan diarahkan pada lokalisasi, nasionalisasi, sekaligus globalisasi. Oleh karena itu, proses pendidikan harus diorientasikan pada pengembangan kemampuan belajar, kreatifitas, logika berpikir; kritis, dialogis, dan partisipatif.”

Sebelum acara puncak, berbagai agenda baik akademik maupun non akademik bernuansa lokal telah sukses digelar sebagai rangkaian kegiatan dies natalis FIP. Agenda tersebut antara lain; pencanangan dies natalis yang secara simbolik ditandai dengan senam bersama, lomba poster ilmiah, lomba membuat minuman lokal, lomba pidato berbahasa jawa, lomba olahraga, bakti sosial, dan terakhir family day, yang diisi dengan jalan sehat, pembagian hadiah serta doorprize.

Memasuki usianya yang ke-69, FIP UNY telah banyak menorehkan berbagai prestasi. Tahun ini, tiga program studi (MP, BK, TP) di FIP telah berhasil terakreditasi ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges, and Universities) dengan predikat “premier”. Selain akreditasi ASIC, FIP yang terdiri atas 9 program studi, 7 diantaranya telah terakreditasi A oleh BAN-PT, 1 prodi akan menjalani proses asesmen lapangan, sedang 1 prodi lainnya masih menanti proses reakreditasi.

Disamping pencapaian secara kelembagaan, bidang kemahasiswaan FIP UNY juga berhasil menorehkan prestasi yang cukup menggembirakan. Pada tahun 2018 salah satu tim mahasiswa yang beranggotakan Lintang Rabbani, Muhammad Nur Chozin dan Andri Muhyidin berhasil membawa pulang medali emas dan perak dalam PIMNAS 2018 melalui karya yang berujudul “Pengembangan Media Komunikasi Konselor-ku sebagai Langkah Kuratif Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas”, di bawah bimbingan Ibu Siti Aminah, M.Pd. Prestasi gemilang tersebut terus diupayakan agar berulang di tahun ini, yang diawali dengan pencapaian FIP UNY yang telah menyumbangkan 3 judul PKM untuk mengikuti PIMNAS tahun 2019 di Bali. Sebagai tambahan informasi, 3 judul PKM tersebut turut memberikan kontribusi atas pencapaian UNY secara total yang berhasil meloloskan 22 judul PKM dalam PIMNAS 2019 di Bali, dan menduduki peringkat ketiga setelah IPB dan ITS (23 judul) dan UGM (25 judul).  Maju terus Fakultas Ilmu Pendidikan, menembus batas cakrawala, menaklukkan dunia. (Pan)