MENELISIK PROFESIONALISME GURU PRODUKTIF SMK DI KOTA SURAKARTA

13
Mar
2019

Dalam penelitian yang dituangkan dalam bentuk Disertasi yang berjudul Profesionalisme Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan, Yuyun Estriyanto mencoba merumuskan berbagai aktifitas profesional yang diperankan secara aktif oleh guru produktif dalam proses pendidikan di SMK. Dosen Teknik Permesinan UNS ini juga mencoba merumuskan kerangka teoritis profesionalisme guru produktif yang ideal berdasarkan kebutuhan riil dunia kerja profesi guru produktif di lapangan dan merumuskan aspek-aspek kompetensi yang membentuk profesionalisme guru produktif dalam menjalankan peran profesionalnya dalam proses pendidikan di SMK.

Yuyun meneliti 12 SMK penyelenggara Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan di Kota Surakarta dengan menggunakan metode kualitatif model constructivist grounded thory. Dihadapan para penguji, Yuyun menjelaskan bahwa penggalian data menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran profesional guru produktif dapat dijelaskan dengan tiga aktifitas profesional yaitu pembelajaran mapel produktif, perkembangan kematangan guru produktif dan kepamongan di SMK.

Pria kelahiran Karanganyar ini memaparkan bahwa secara praktis, penelitiannya dapat dijadikan pedoman dalam tataran praktis pengembangan SMK yaitu dalam mendesain program-program pengembangan pembelajaran untuk SMK, peningkatan profesionalisme guru SMK, perbaikan metode rekritmen calon guru kejuruan dan sebagainya. Hasil penelitian ini juga bermanfaat untuk memberikan acuan dalam mengembangkan sistem pendidikan calon guru SMK, baik pada jenjang S1 ataupun PPG. Secara teoritis hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam penelitian-penelitian pendidikan kejuruan berikutnya, khususnya terkait dengan kajian pendidikan di SMK, tambah Yuyun lagi. (ant)

submitted by humas