MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG TEKNIK MANUFAKTUR, PRODI BARU DI FT UNY

1
min read
A- A+
read

Tahun ini, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta telah membuka tiga Program Studi S1 baru dengan latar belakang teknik murni, yakni Teknik Manufaktur, Teknologi Informasi dan Teknik Elektro. Nah, kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan Prodi Teknik Manufaktur yang berada dibawah naungan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Dr.Eng. Didik Nurhadiyanto, M.Eng., selaku ketua Program Studi menuturkan bahwa kekhususan Prodi Teknik Manufaktur terletak pada integrasi bidang perancangan produk, perancangan proses dan penerapan teknologi manufaktur.

Menurutnya integrasi ini sangat diperlukan untuk menjawab tuntutan dunia kerja masa depan disesuaikan dengan potensi prasarana dan sarana pendidikan yang tersedia.

Didik menambahkan bahwa keunggulan Prodi Teknik Manufaktur terletak pada proses pembelajaran yang akan menjamin lulusan memiliki tingkat kesiapan teknologi sesuai level 6 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Hal tersebut tercermin dari karakteristik Prodi Teknik Manufaktur melalui sistem pembelajaran yang berorientasi pada model student centered learning, contextual teaching and learning serta hands on experience dimana mahasiswa diposisikan sebagai manusia utuh dengan beragam potensi, sehingga iklim pembelajaran diupayakan untuk mendukung berkembangnya potensi peserta didik secara optimal,” lanjut dosen yang meraih gelar doctor-nya di Jepang ini..

Pendekatan tersebut ditujukan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, bermakna, dan mampu menumbuhkan aspek-aspek soft skills dalam diri mahasiswa di samping penguasaan aspek hard skills yang kuat.

Selain itu, dengan mengedepankan pola hands on experience, sebagai ciri khas pembelajaran pendidikan vokasi, yang menekankan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan lapangan seperti di industri, lembaga/badan diklat, balai pelatihan, dan dunia usaha lainnya demi menghasilkan lulusan profesional yang memiliki kompetensi utuh baik soft skills dan aspek hard skills.

Lebih jauh, Didik juga mengungkapkan tentang prospek kerja lulusan teknik manufaktur adalah sebagai Product design and development engineer, Research and development engineer, Production process planning engineer, Production engineer, Maintenance and workshop engineer, Production planning and inventory control engineer, Quality control engineer, Bisnis/wirausaha di bidang manufaktur serta konsultan desain dan proses manufaktur. (hryo)