MONITORING UJIAN SELEKSI MANDIRI

17
Jul
2017

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. bersama para Wakil Rektor serta sejumlah pejabat UNY meninjau langsung kelancaran ujian Seleksi Mandiri UNY. Ujian seleksi mandiri yang terbagi atas seleksi mandiri ujian tulis dan Computer Based Test (CBT) tersebut berlangsung pada Minggu 16 Juli 2017 di Yogyakarta. Dalam kesempatan ini Rektor meninjau pelaksanaan ujian tulis di lingkungan UNY serta SMPN 5 Yogyakarta. Rektor juga memantau ujian 2 peserta tunanetra yaitu Gilang Riski Hendrayana di Ruang 201 Gedung Pascasarjana UNY dan Wastoyo di SMPN 5 Yogyakarta. Gilang memilih prodi pendidikan luar biasa sebagai pilihan pertama dan prodi PGSD sebagai pilihan kedua, sedangkan Wastoyo memilih prodi pendidikan luar biasa sebagai pilihan pertama dan prodi pendidikan luar sekolah sebagai pilihan kedua. “Seleksi mandiri ini adalah untuk mencari yang terbaik dari peserta yang ada” kata Sutrisna Wibawa “Karena dengan input yang baik akan mendukung UNY kedepan”. Pada seleksi mandiri kali ini juga diikuti oleh kelas kerjasama  Pemda Sumatera Selatan yang diikuti oleh 54 orang dimana 39 orang mengikuti rumpun Sains dan Teknologi dan 15 orang mengikuti rumpun Sosial Humaniora.

Sebanyak 18.041 peserta mengikuti ujian Seleksi Mandiri UNY yang terdiri atas 17.248 peserta ujian tulis dan 793 peserta CBT. Jumlah peserta ujian tulis mengalami kenaikan sebesar 24% dari ujian Seleksi Mandiri tahun 2016 yang diminati 13.890 orang. Jumlah pendaftar rumpun Sains dan Teknologi sebanyak 5.158 peserta, Sosial Humaniora sebanyak 11.503 peserta, dan Campuran sebanyak 1.380 peserta. Lokasi ujian tulis menggunakan total 42 lokasi yang terdiri dari 19 lokasi di kampus UNY dan 23 lokasi di sekolah mitra. Untuk CBT menggunakan 33 ruang yang seluruhnya berada di UNY. Jumlah pengawas ujian tulis melibatkan 1.079 orang yang terdiri dari 778 dosen UNY, 288 karyawan UNY, 560 guru dan 10 orang pengawas anak berkebutuhan khusus. Sedangkan pengawas CBT melibatkan 33 orang yang dibantu 34 orang teknisi. Secara keseluruhan daya tampung seleksi mandiri UNY berkisar 1.400 orang.

Dalam ujian kali ini terdapat 15 siswa berkebutuhan khusus yang terdiri dari 5 siswa tuna netra, 6 siswa tuna daksa ringan dan 4 siswa tuna rungu. Pada Senin 17 Juli, peserta ujian seleksi mandiri yang memilih program studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) diwajibkan mengikuti ujian ketrampilan yang akan dilaksanakan di fakultas masing-masing sejak pukul 06.00 WIB. Dari data yang tercatat, peserta yang harus mengikuti ujian ketrampilan sebanyak 1.027 orang meliputi olahraga 632 orang, seni rupa 176 orang, seni tari 71 orang dan seni musik 148 orang.

Lokasi ujian tulis SM UNY menggunakan sejumlah lokasi yang tersebar di seluruh fakultas di lingkungan UNY. Sedangkan sekolah yang digunakan diantaranya SMKN 2, SMKN 3, SMKN 6, SMPN 6, SMPN 8, SMAN 3, SMAN 11 dan SMA Muhammadiyah 2 yang semuanya berada di kota Yogyakarta. Panitia Seleksi Mandiri mempersiapkan para pengawas di mana selain mengawasi ujian,  pengawas juga melakukan verifikasi kelengkapan peserta.

Salah satu peserta tes Rismi Annisa dari Karanganyar Kebumen berharap dapat diterima pada salah satu jurusan di UNY, pilihannya adalah pendikan matematika dan pendidikan teknik informatika. (Dedy) 

Tags: 
submitted by humas