NATIONAL ACADEMIC MANAGER ELTI KOMPAS GRAMEDIA RAIH GELAR DOKTOR DI UNY

11
Mar
2019

Silvester Goridus Sukur, pria kelahiran Paang Lembor, Manggarai Barat, Flores, NTT, 51 tahun silam ini berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Communicative Competence Development, Contextuality, and Character Education in the English Textbooks used by Senior High Schools in Yogyakarta Special Territory”. Penulis buku ini mengungkapkan sejauh mana isi buku pelajaran bahasa Inggris SMA telah dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi komunikatif bahasa Inggris siswa SMA di DIY. Silvester juga ingin mengungkap sejauh mana nilai pendidikan karakter telah dimasukkan dalam buku pelajaran tersebut, dan sejauh mana buku bahasa Inggris di Indonesia memenuhi kebutuhan guru dan siswa di Indonesia yang notabene multisosiokultur, multi bahasa dan multi-etnik.

Dengan penelitian content analysis, Silvester menemukan beberapa temuan dalam penelitian ini antara lain, buku pelajaran bahasa Inggris SMA sudah memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Lalu dalam konteks pengembangan kompetensi komunikatif, sebagian materi telah dikembangkan, tetapi beberapa materi terkait lainnya tidak baik untuk aktivitas pra-komunikatif maupun untuk aktivitas komunikatif. Kemudian siswa akan kesulitan mempraktikan bahasa Inggris secara integratif karena tidak semua skills dikembangkan dalam buku-buku tersebut.

Silvester menambahkan bahwa tingkat kesulitan materi dalam buku-buku tersebut cocok untuk siswa di kota besar. Dalam hal kontekstualitas, isi dari buku-buku tersebut telah dikembangkan secara kontekstual, tetapi beberapa materi tidak kontekstual. Silvester mendapati bahwa buku-buku dikembangkan dengan standar nasional sehingga tidak ada kontekstual pada tingkat tertentu karena kondisi siswa, wilayah dan sosio-budaya yang berbeda, tutup penulis yang sudah menulis lebih dari 150 buku pelajaran bahasa Inggris untuk SD, SMP dan SMA ini. (ant)

submitted by humas