OPTIMALISASI PENDIDIKAN IPS DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI ALPHA

26
Apr
2019

Mahasiswa Pendidikan IPS B 2016 gelar seminar dengan tema “Optimalisasi Pendidikan IPS dalam Membangun Karakter Generasi Alpha” pada hari Selasa (23/4/2019) di ruang Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Seminar dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari Dekan, Dosen dan  mahasiswa FIS UNY. Adapun pembicara dalam seminar ini adalah mahasiswa pendidikan IPS B 2016 yang merupakan perwakilan dari lima kelompok yaitu Yasinta Wulandari, Inez Wahyu Murti, Romaliah, Bima Purba Tangkas, Rizkyanto Bahrul Ulum.

Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar Pendidikan IPS berlangsung setiap tahun dan  sudah semakin baik penyelenggaraannya. Ajat berharap bahwa untuk tahun depan, pembicara seminar Pendidikan IPS ini bisa menggunakan bahasa inggris untuk memaparkan materinya.

Ketua panitia Seminar, Ratna, mengatakan bahwa seminar ini merupakan output dari Mata Kuliah Seminar dan Kapita Selekta  yang berisikan kajian dari berbagai matakuliah yang ada di jurusan Pendidikan IPS yaitu kajian pendidikan humanis, pendidikan karakter, pendidikan perdamaian, strategi pembelajaran IPS, dan pendidikan multikultural.

Lebih lanjut Ratna menjelaskan bahwa Seminar Pendidikan IPS B 2016 ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Seminar Pendidikan IPS dan mata kuliah Kapita Selekta, memberikan pengetahuan praksis dalam menyelenggarakan suatu kegiatan seminar baik tingkat nasional maupun internasional,  memberikan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana menyusun artikel ilmiah sebagai output penyampaian materi dalam seminar, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi mahasiswa dalam memahami fenomena sosial baik dalam pendidikan ataupun non pendidikan sebagai kajian dalam penyampaian materi di seminar Pendidikan IPS B 2016.  

“Materi yang dipaparkan oleh pembicara dalam seminar kali ini yaitu tentang  Implementasi Pendidikan Perdamaian dalam Mencegah Tindak Kekerasan di Sekolah, Studi Komparasi Pendidikan Humanis Pemikiran Paulo Feriere dan Y.B Mangunwijaya, Permainan Tradisional sebagai Sarana Membangun Nilai Karakter Generasi Alpha, Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Strategi IPS SMP Melalaui Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions),  dan  Rekontrusi Nilai-Nilai Multikultural Gusdur dalam Membentuk Karakter Generasi Alpha” imbuhnya. (Eko)

submitted by humas