OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN GUNA MEMBENTUK GENERASI INDONESIA EMAS 2045

1
min read
A- A+
read

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) sukses selenggarakan seminar nasional dengan mengusung tema “Optimalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Guna Membentuk Generasi Indonesia Emas 2045”. Seminar dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY baru-baru ini. Ketua panitia seminar, Muhamad Fuad, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja yang dilaksanakan oleh bidang kewirausahaan sebagai wujud kepedulian dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan karakter yang saat ini sudah mulai luntur di kalangan remaja.

Seminar nasional ini menghadirkan beberapa pembicara yang sangat berkompeten yaitu Prof. Dr. Ir. Conradus Danisworo, M.Sc (Ketua Dewan Pendidikan DIY), Ponidi, S.Pd (Kepala SMP N 4 Pakem/sekolah berbasis pendidikan karakter), dan Drs. Saliman, M. Pd (Dosen Pendidikan IPS FIS UNY). Seminar dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri PPG, Mahasiswa Pendidikan IPS, mahasiswa dari UST, UAD, UPY, serta guru-guru SMP di Yogyakarta.

“Peserta sangat antusias bahkan berangkat sangat awal, tidak seperti yang kita duga sebelumnya. Memang tema pendidikan karakter  jarang diangkat pada seminar – seminar lain, oleh karena itu banyak bapak dan ibu guru khususnya SMP yang berminat mengikuti seminar ini untuk kemudian menerapkan ilmu yang diperoleh dari seminar kepada peserta didiknya” jelas Muhamad Fuad.

Suksesnya acara ini telah membawa citra baik bagi prodi Pendidikan IPS UNY. Harapannya, seminar tahun mendatang bisa terselenggara lebih besar lagi dengan mendatangkan peserta yang lebih banyak. “Kita akan tetap peduli dengan kemajuan pendidikan di Indonesia untuk membentuk generasi emas yang dapat membawa perubahan besar bagi bangsa” tutupnya (Linda/Eko)