ORMAWA MILIKI PERAN STRATEGIS DALAM MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN MAHASISWA

26
Nov
2018

Fakultas Teknik khususnya bidang kemahasiswaan menyelenggrakan Pelatihan Softskills Character Building and Leadership bagi pengurus Organisasi Mahaiswa atau Ormawa di Kurnia Outbound Center, Boyolali (17-18/11/2018). Pelatihan ini juga sebagai langkah nyata dalam mendukung visi UNY dalam leading in character education karena salah satu komponen kepribadian yang sangat penting dimiliki oleh lulusan UNY adalah jiwa kepemimpinan, karena pada dasarnya setiap manusia di dunia ini terlahir sebagai seorang pemimpin. Demikian disampaikan Dekan FT UNY, Dr. Ir. Widarto, saat memberikan pengarahan dalam kegiatan ini

“Melalui pelatihan Character Building ini, diharapkan para pengurus Ormawa dapat tertanam nilai- nilai karakter mulia, karena, selain ranah kognitif yang mencakup mental (otak), ranah psikomotor yang mencakup keterampilan atau kemampuan bertindak, mahasiswa juga mesti cakap dalam aspek afektif dimana di dalamnya berkaitan dengan sikap dan nilai,” tambah Widarto.

“Untuk mempunyai semangat atau jiwa sebagai seorang pemimpin, haruslah sering terlibat bekerjasama sebagai tim dalam suatu kegiatan atau aktivitas maka dari itu Ormawa memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa,” lanjut Widarto.

“Keterlibatan dalam sebuah Teamwork (kerjasama dalam tim) bisa menghasilkan kualitas bakat untuk kriteria-kriteria yang diharapkan dari calon pemimpin. Karena, proses teamwork tersebut pada dasarnya terdapat unsur-unsur komunikasi, diskusi, solusi, ide, pemikiran, serta pemecahan masalah yang nantinya akan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Selain berisi tentang diskusi pembinaan mental yang berkarakter dan kepemimpinan, pelatihan ini juga berisi tentang materi survival. Kemudaian, hari kedua para peserta diajak dalam permainan yang menuntut kerja sama, kekompakan, ketangkasan, dan kreativitas. seperti “Menjinakkan Bom”, “Gelas Sahabat”, “Empaty Ball”, dan lain-lain. (hryo)

submitted by humas