PELATIHAN PEMBUATAN SINGKONG THAILAND IBU-IBU PKK DUSUN CLEBUNG

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa KKN UNY K072 Clebung Soronalan Magelang melaksanakan pelatihan pembuatan singkong Thailand pada ibu-ibu PKK. Menurut Siti Mukaromah, mahasiswa prodi akuntansi, tujuan dilakukannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan life skill ibu-ibu dalam mengolah masakan menjadi lebih bervariasi. Serta pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai jual dari hasil olahan singkong yang melimpah pada Dusun Clebung.

Bahan yang dibutuhkan 2 bh singkong ukuran besar (potong sesuai selera),  65 ml santan kental (saya pakai kara), 2 sdm tepung maizena (larutkan), 3 sdm gula pasir, sedikit garam dan vanili dan 1 gelas air. Cara membuatnya rebus singkong yang sudah dipotong-potong dan  dicuci bersih dalam 1gelas air, masukkan gula pasir & vanili. Rebus singkong sampai benar2 empuk & air mengental, sisihkan. Masak santan, tambah 1gelas air & tepung maizena yang sudah di larutkan. masak sampai santan mengental, tmbahkan sedikit garam & angkat. Sajikan di piring/mangkok dan siram dengan kuan santan nya.

Kepala Desa Soronalan, Herlina mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena menunya simple, mudah dicoba dan bahan-bahannya mudah didapat. (Siti Mukaromah)