PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA BARU 2019

1
min read
A- A+
read

PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA BARU 2019

“Saudara sekarang ini sedang dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan” demikian disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. saat membuka Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Mahasiswa Baru Angkatan 2019. Bertempat di Laboratorium Komputer Basement Gedung Digital Library, Sabtu (7/9).

Lebih lanjut, Margana menyampaikan bahwa pada Revolusi Industri 4.0 ini, mahasiswa harus mengantisipasi dengan tiga literasi pokok, yaitu literasi manusia, literasi teknologi, dan literasi data. Literasi teknologi adalah yang sedang dilakukan sekarang ini, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Pelatihan TIK ini merupakan salah satu persyaratan bagi mahasiswa untuk mendaftar yudisium kelak, di samping mahasiswa lulus TIK, juga harus lulus softskills dan lulus bahasa Inggris.

Pelatihan Teknologi dan Informasi bagi mahasiswa baru 2019 ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, yang dimulai tanggal 7 September 2019 dan berakhir 5 Oktober 2019. Namun demikian, peserta pelatihan ini telah diberikan materi umum atau kuliah terbuka oleh narasumber Menteri Komunikasi dan Informasi RI pada tanggal 9 Agustus 2019 yang lalu di GOR UNY. Untuk mengakomodir peserta pelatihan TIK yang berjumlah 6079 ini, disediakan tempat yang representatif, yaitu di Limuny UPT TIK, Laboratorium Komputer FIS (FIS NET), Laboratorium Komputer Admisi Rektorat,  Laboratorium Komputer Basement Gedung Digital Library. Setiap hari ada dua sesi per tempatnya, sehingga total sesi nantinya berjumlah 56 sesi.

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Teknologi dan Informasi, mahasiswa diharapkan dapat (a) meningkat wawasan dan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan kemajuan di bidang TIK, (b) terampil menggunakan komputer untuk memperoleh, mengolah, dan menyajikan informasi, (c) meningkat kemampuan menggunakan fasilitas TIK seperti sistem e-learning, SIAKAD, layanan perpustakaan, e-mail, blog dll, dan (d) meningkat kemampuan dan kemauan mengakses informasi melalui intranet dan internet guna menunjang dan mendukung aktivitas belajarnya.  (Sdr).