PENANDATANGANAN LOI ANTARA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FIS DENGAN DEPARTMENT OF HISTORY UPSI MALAYSIA

25
Nov
2018

Dalam rangka penguatan Prodi dan perluasan jaringan kerjasama internasional, Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menjalin kerjasama Sister Prodi dengan Department of History, Faculty of Human Sciences, UPSI Malaysia pada tanggal (16/11/2018). Universitas yang terletak di Tanjong Malim, Perak Darul Ridzuan 35900, Malaysia tersebut memiliki beberapa fakultas salah satunya adalah Faculty of Human Sciences yang memiliki kemiripan dengan FIS UNY. Fakultas tersebut memiliki beberapa jurusan antara lain Department of Geography and Environment, Department of History, Department of Islamic Studies, dan Department of Social Studies and Citizenship Department.

Dalam kegiatan tersebut, Kaprodi Pendidikan Sejarah FIS, Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd., melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dalam bentuk  LoI (Letter of Intent) dengan Department of History, Faculty of Human Sciences, UPSI Malaysia di kampus setempat. Dalam LoI tersebut disepakati kegiatan kerjasama berupa joint curriculum dan credit transfer. “Program joint curriculum dengan Faculty of Human Science, UPSI Malaysia sangat strategis sekali karena kedua fakultas memiliki prodi yang serumpun” jelasnya

Pada kesempatan yang sama, Saefur Rochmat, Ph.D yang juga merupakan dosen Pendidikan Sejarah FIS UNY menjalin kerjasama joint publication. Kerjasama ini direalisasikan dengan melakukan kolaborasi penulisan artikel bersama antara dosen FIS dan Faculty of Human Sciences, UPSI Malaysia kemudian mengirim artikel ke jurnal terindeks untuk penerbitannya.

Dyah berharap, melalui joint curriculum, joint publication, dan credit transfer , Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menjalin kerja sama dalam lingkup internasional. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa UNY dalam jurnal terindeks/bereputasi dan menyiapkan untuk kegiatan transfer kredit dan pertukaran dosen. “Kegiatan ini juga dapat menambah wawasan keilmuan bagi dosen Prodi Pendidikan Sejarah” imbuhnya.  (Eko)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

submitted by humas