PENGEMBANGAN WLAN YANG ADAPTIF DAN ELASTIS

24
Nov
2018

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kuliah tamu pada Rabu, (21/11/2018) di Ruang Sidang KPLT, kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro serta Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika peserta. Kegiatan Guest Lecture menghadirkan Prof. Nobuo Funabiki dari Department of Electrical and Communication Engineering serta Prof. Akio Gofuku dari Department of Mechanical and Systems Engineering, Okayama University, Jepang.

Sebelum menyampaikan topik utama, Nobuo mengenalkan sekaligus memberikan informasi tentang Okayama University, khususnya Fakultas Teknik mereka. Fakultas Teknik, Okayama University terdiri dari Department of Mechanical & Systems Engineering, Department of Electrical & Communication, Department of Information Technology serta Department of Applied Chemistry & Biotechnology.

Kemudian, Nobuo melanjutkan dengan menjelaskan salah satu hasil penelitiannya tentang  Elastic Wireless Local Area Network System Challenge for Energy Saving and High Performance Wireless Network. Menurutnya, “Elastic WLAN System sangat bermanfaat karena dapat diaplikasikan dan dikolaborasikan dengan sistem yang ada saat ini.

Menurut Nobuo, WLAN, saat ini, sangat lah populer karena menyediakan akses internet yang fleksibel kepada pengguna dengan biaya rendah melalui pemasangan access point (AP) di bidang jaringan. “Banyak organisasi termasuk universitas dan perusahaan yang menggunakan WLAN untuk memenuhi peningkatan jumlah pengguna dengan menerapkan AP tambahan di jaringan. Namun, penyebaran acak AP dapat menurunkan kinerja komunikasi karena gangguan radio di antara mereka. Maka dari itu, sangat diperlukan sistem WLAN yang adaptif dan elastis terhadap traffic load pada jaringan,”terangnya.

Nobuo juga menyampaikan materi mengenai JAVA programming yang penting untuk dikuasai di era digital seperti ini.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Prof. Akio Gofuku yang lebih banyak memberi penjelasan tentang program pascasarjana baik untuk Master maupun Doktor di Okayama university. Akio juga membagikan tips-tips mendapat beasiswa dimana tips ini dirasa perlu bagi mahasiswa maupun dosen yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurutnya, universitas Okayama merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang, masuk jajaran Top 10-12 global universities di Jepang serta urutan 301-400 dalam peringkat kampus dunia. “Dengan memiliki International Global Partner, mahasiswa internasional yang belajar di kampus kami cukup banyak seperti Indonesia, Bangladesh, China, Myanmar,” lanjut Akio.

“Kampus kami memiliki 2000 mahsiswa untuk sarjana, 670 mengikuti program master dan 110 mahasiswa program doctoral yang dilengkapi asrama internasional dengan biaya relatif murah,” tandasnya. (hryo)

 

submitted by humas