PENGUATAN AKADEMIK, PENGENALAN BUDAYA, DAN PENGUATAN KERJASAMA LINTAS DAERAH

1
min read
A- A+
read

Sebanyak 159 mahasiswa yang berasal dari afirmasi, kerjasama, ADIK Papua, dan Permata Transfer Kredit mengikuti kegiatan Penguatan Akademik, Pengenalan Budaya, dan Penguatan Kerjasama Lintas Daerah pada Minggu, (1/9). Bertempat di Gunungapi Nglanggeran Gunungkidul semua peserta tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Di samping diikuti oleh mahasiswa afirmasi dan kerjasama, kegiatan ini juga melibatkan dari unsur pimpinan, dosen, dan staf yang selalu berhubungan dengan mahasiswa afirmasi dan kerjasama.

Wakil Rektor IV UNY, Dr. rer. Nat Senam menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mempererat satu sama lain sehingga mereka harus kenal, akrab, dan merasakan nyaman berada di UNY dengan harapan nantinya mereka cepat lulus dari bangku perkuliahan. Lebih lanjut Senam berharap semua mahasiswa harus bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada di kampus UNY.  Terkhusus bagi mahasiswa jalur transfer kredit harus dapat menulis sesuatu terutama tentang enjoy-nya di Yogyakarta.

Dipimpin oleh Danardono kegiatan Penguatan Akademik, Pengenalan Budaya, dan Penguatan Kerjasama Lintas Daerah ini dikemas dengan apik dan berlangsung sangat menarik. Materi yang disampaikan adalah hellow square, terrible rope, dan diakhir penyampaian pesan.  Makna dari materi yang disampaikan ini adalah understanding dan komunikasi. Selanjutnya peserta diwajibkan mendaki gunungapi purba Nglanggeran sampai puncak dan harus menyampaikan laporan dan pesan. Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran yang dinamai Gunung Gedhe memiliki ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Untuk mencapai puncak ini dengan mendaki yang membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan rute pendakian yang cukup ekstrim. Kecuraman jalur pendakian dapat lebih dari 45 derajat. Di puncak ketinggian mahasiswa menyampaikan pesan orasi persatuan dan perdamaian. Adapun pesan yang harus disampaikan: 1) tolong segera beradaptasi dengan lingkungan sekitar, 2) hargai adat istiadat setempat, 3) pelajari budaya yang ada pada masyarakat, dan 4) selalu menjaga kesehatan, ketertiban, kebersihan, dan kekompakan demi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan untuk melihat kekompakan tim, peserta wajib menyanyikan lagu wajib “Hymne UNY” dan lagu pilihan Padamu Negeri, Syukur, Indonesia Pusaka, atau Indonesia Raya. (Sudaryono)