PENGUATAN KERJA SAMA UNY-KABUPATEN SUMBA BARAT

1
min read
A- A+
read
PENGUATAN KERJA SAMA UNY-KABUPATEN SUMBA BARAT

Pada tanggal 6 Mei 2019, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diwakili oleh Dr.rer.nat. Senam (Wakil Rektor IV) serta didampingi oleh Minta Harsana, A.Par., M.Sc. dan Aji Abdussalim, S.Pd.  bertemu dengan Wakil Bupati Sumba Barat sebagai tindak lanjut diskusi kerja sama yang dilakukan sebelumnya, saat Wakil Bupati berkunjung ke UNY tanggal 8 April 2019.

Kegiatan tersebut merupakan upaya UNY dalam merespon tawaran kerja sama dari sumba barat. UNY berkomitmen untuk membantu dalam membangun berbagai daerah di Indonesia. Dalam kunjungan tanggal 5-7 mei 2019, tim UNY mencoba menggali potensi kerja sama, tantangan dan kendala di Sumba Barat. Tim Balitbang yang didampingi camat di Sumba Barat, salah satunya Camat Lamboya, memberikan berabagai informasi yang diperlukan dalam kegiatan observasi tim UNY di lapangan.

Terdapat dua poin utama yang berpotensi untuk dibantu oleh UNY, yaitu bidang pendidikan dan bidang pemberdaayaan masyarakat desa melalui pemaksimalan peran BUMDESA untuk peningkatan sektor wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya. Sumba Barat merukan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai potensi wisata yang sangat luar biasa indah. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, akses transportasi baik udara maupun darat sudah baik. Saat ini pembangunan infrastruktur, seperti jalan, terus diperbaiki. Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa salah satu resort nomor 1 fersi majalah traveller terletak di Sumba Barat, yaitu Nihi Watu.

Pendidikan di Sumba Barat tergolong masih rendah. Berdasarkan informasi Buku Sumba Barat Dalam Angka, warga umur 15 tahun keatas yang tidak mempunyai ijazah sebanyak 17.282 orang dari 45.880 orang jumlah data. Setelahnya jumlah terbanyak secara berurutan ditempati oleh lulusan SMA/SMK (11.108), SD (7.545), dan SMP (4.964). UNY diharapkan dapat membantu melalui berbagai program baik program KKN mahasiswa dan pendampingan belajar untuk lulusan SMA/SMK untuk dapat lolos melanjutkan studi di perguruan tinggi. Selain itu, UNY juga dapat membantu dalam memberikan sosialisasi kepada siswa, guru, maupun kepala sekolah terkait informasi jalur masuk perguruan tinggi, program studi yang ada, dan berbagai program beasiswa khususnya beasiswa BIDIKMISI.

Diharapkan kerja sama yang terjalin antara UNY dengan Kabupaten Sumba Barat maupun daerah lain di Indonesia, dapat meningkatkan peran UNY dalam membantu pengembangan daerah seluruh Indonesia. Sehinggan semakin memantabkan UNY menjadi perguruan tinggi kependidikan kelas dunia yang tetap memperhatikan kearifan lokal dan pembangunan nasional.(Aji KUIK)