PERAGAAN BUSANA MOVITSME

16
Apr
2018

Industri fashion di Indonesia tumbuh sangat cepat dalam sedekade terakhir. Tren fashion sendiri juga terus berkembang didukung dengan produktivitas dan inovasi para desainer lokal dalam merancang model baru seiring dengan selera masyarakat yang makin tinggi dan cerdas dalam memilih produk busana. Di sisi lain, sub-sektor ini juga menghadapi banyak tantangan dengan massive-nya produk-produk impor. Berangkat dari hal itu, Program Studi Pendidikan Teknik Busana dan Teknik Busana angkatan 2015, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mencoba berkontribusi dalam mengangkat marwah produk-produk fashion lokal dengan menyelenggarakan Peragaan Busana bertajuk Movitsme atau singkatan dari Move To It’s Me (11/07/2018) di Auditorium UNY.

Ketua Jurusan Pendidikan teknik Boga dan Busana, Dr. Mutiara Nugraheni menuturkan bahwa Movitsme merupakan sebuah ajakan untuk melakukan perubahan positif dalam rangka penemuan jati diri sesungguhnya. “Ini merupakan langkah aktualisasi diri dalam meneguhkan karakter kuat bangsa Indonesia diwujudkan dalam sebuah fashion show dimana karya busana yang dipresentasikan menunjukan cerminan karakter milenial melalui perpaduan budaya dan trend kekinian dengan sentuhan motif nusantara,” ujarnya.

Tiap tahun, minimal dua kali, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana (S1) dan Teknik Busana (D3) menyuguhkan pagelaran busana nan megah dengan menggali sumber ide dari seluruh plosok nusantara kemudian disajikan dengan standar busana internasional. Karya para mahsiswa nantinya juga dibukukan dalam laporan ilmiah sebagai bagian dari Tugas Akhir dan Proyek Akhir.

Pada akhirnya kami sampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa atas proses yang telah dilalui dan karya yang ditampilkan. Terus belajar, dan berkarya semoga pagelaran ini memberi pengalaman yang sangat berharga kepada para mahasiswa dan konsep maupun ide yang ditampilkan bisa benar-benar bermanfaat bagi perkembangan bidang Teknik Busana. Selanjutnya, kepada seluruh dosen pembimbing dan semua pihak yang telah membantu keberlangsung pagelaran ini, kami atas nama Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. (Haryo)

 

Tags: 
submitted by humas